Brilio.net - Lingkaran adalah bangun datar yang terbentuk dari kumpulan titik-titik yang berjarak sama dari suatu titik pusat. Lingkaran memiliki beberapa unsur-unsur, seperti jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, apotema dan tembereng. Lingkaran juga memiliki rumus untuk menghitung luas dan kelilingnya.

Materi soal lingkaran ada dalam pelajaran matematika yang sudah dipelajari sejak duduk di bangku SMP. Meski kerap dianggap susah, namun jika sudah menguasai materinya jadi lebih mudah. Semakin dipelajari, materi soal lingkaran juga berkembang.

Tak hanya berkutat pada cara menghitung jari-jari dan diameter, kamu juga harus mulai mengenal luas tembereng lingkaran. Nah, kali ini brilio.net akan mengulik tentang luas tembereng lingkaran mulai dari pengertian, ciri, dan cara pengerjaan soalnya, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (9/11).

Apa itu tembereng lingkaran?

rumus luas tembereng © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Tembereng lingkaran adalah bagian daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Busur adalah garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada lingkaran, sedangkan tali busur adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik tersebut. Tembereng lingkaran berada di dalam juring lingkaran, yaitu bagian daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur.

Simak gambar berikut ini untuk memahami bagian tembereng lingkaran.

rumus luas tembereng © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Berdasarkan ilustrasi bentuk tembereng tersebut terdapat ciri-ciri yang bisa dipahami, yaitu:

1. Berupa daerah di dalam lingkaran.

2. Dibatasi oleh dua tali busur lingkaran dan busur lingkaran.

3. Sudut pusat lingkaran yang memuat tembereng sama dengan sudut busur lingkaran yang membatasi tembereng.