Brilio.net - Istilah matriks pasti nggak asing lagi bagi kamu. Determinan matriks adalah salah satu konsep penting dalam aljabar linier dan geometri. Determinan matriks adalah sebuah nilai yang bisa dihitung dari elemen-elemen suatu matriks persegi, yaitu matriks yang jumlah baris dan kolomnya sama.

Rumus determinan matriks berkaitan dengan transformasi linear, invers matriks, dan sistem persamaan linear. Dimana setiap determinan memiliki rumusannya masing-masing. Adapun penulisan determinan matriks biasanya ditulis dengan notasi |A| atau det(A).

Untuk mencari determinan matriks, ada beberapa metode yang bisa digunakan, tergantung pada ordo atau ukuran matriks. Ordo matriks adalah jumlah baris dan kolom yang dimiliki matriks. Misalnya, matriks berordo 2x2 adalah matriks yang memiliki dua baris dan dua kolom. Matriks berordo 3x3 adalah matriks yang memiliki tiga baris dan tiga kolom, dan seterusnya.

Nah supaya lebih memahami tentang rumus determinan matriks, berikut brilio.net membahas secara komprehensif tentang definisi, sifat, dan contoh soal determinan matriks. Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (8/11)

Apa itu determinan matriks?

Rumus determinan matriks © 2023 brilio.net

Rumus determinan matriks
freepik.com

Determinan matriks adalah suatu nilai yang bisa dihitung dari elemen-elemen suatu matriks persegi (matriks dengan jumlah baris dan kolom yang sama) dan digunakan untuk mengukur sifat-sifat geometris, linear, dan transformasi yang terkait dengan matriks tersebut.

Determinan matriks sering digunakan dalam aljabar linear dan matematika untuk menentukan apakah matriks adalah matriks balik (invers), untuk menghitung volume dari transformasi linier, dan untuk memecahkan sistem persamaan linear.

Untuk matriks persegi n x n (dengan n adalah bilangan bulat positif), determinan matriks dinyatakan dengan simbol "det(A)" atau "||A||" dan dihitung dengan berbagai metode, seperti metode ekspansi kofaktor atau dengan menggunakan operasi baris elementer.

Nilai determinan matriks akan bergantung pada elemen-elemen dalam matriks dan memiliki beberapa sifat penting, antara lain:

1. Jika determinan matriks sama dengan nol (det(A) = 0), maka matriks tersebut tidak memiliki matriks balik (invers), dan sistem persamaan linear yang melibatkan matriks tersebut mungkin tidak memiliki solusi unik.

2. Jika determinan matriks tidak sama dengan nol (det(A) ≠ 0), maka matriks tersebut memiliki matriks balik (invers), dan sistem persamaan linear yang melibatkan matriks tersebut memiliki solusi unik.

3. Nilai absolut dari determinan matriks memberikan informasi tentang perubahan dalam volume yang disebabkan oleh transformasi linier yang matriks tersebut wakili.

4. Determinan matriks juga memiliki sifat aljabar yang berguna dalam perhitungan dan pembuktian berbagai teorema dalam aljabar linear dan matematika lebih lanjut.