Brilio.net - Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur yang kerap digunakan dalam ilmu fisika. Jangka sorong adalah sebuah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan, diameter, dan dimensi fisik lainnya dari objek dengan tingkat akurasi yang tinggi. 

Jangka sorong juga dikenal sebagai caliper yang memiliki dua lengan atau rahang (jaws) yang dapat bergerak dan diposisikan sesuai dengan objek yang akan diukur. Lengan satu berfungsi sebagai penunjuk atau skala yang membaca ukuran pada skala dasar, sedangkan lengan lainnya berfungsi sebagai rahang geser yang dapat bergerak dan membaca ukuran pada skala nonius.

Nggak hanya dipelajari dalam cabang ilmu fisika, alat ukur jangka sorong juga banyak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari seperti pada industri manufaktur, rekayasa, otomotif, dan laboratorium. Untuk mengukur ketebalan atau diameter menggunakan jangka sorong, kita harus menghitungnya dengan rumus jangka sorong.

Nah, supaya kamu lebih memahami tentang alat ukur jangka sorong, brilio.net akan membahas tentang rumus jangka sorong beserta pengertian, fungsi, dan cara menghitungnya yang dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (18/10).