Brilio.net - Kalor adalah bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhu tingginya ke benda yang suhunya rendah. Kalor dapat berpindah melalui konduksi, konveksi, radiasi, dan dapat mengubah temperatur atau wujud zat.

Satuan kalor dalam SI adalah joule, sedangkan satuan kalor lain yang sering digunakan adalah kalori. Satu kalori ditetapkan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan satu gram air sehingga suhunya naik satu derajat celcius.

Kalor jenis suatu benda adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan temperatur 1 kg suatu zat sebesar 1°C. Nah untuk memahami tentang kalor, brilio.net akan membahas tentang rumus kalor lengkap dengan pengertian, jenis, dan contoh pengerjaannya yang dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (17/10).

Pengertian kalor.

rumus kalor beserta pengertian, jenis, dan cara pengerjaannya © berbagai sumber

foto: Istimewa

Kalor adalah satuan pengukuran panas atau energi termal. Kalor juga merupakan salah satu konsep penting dalam ilmu fisika. Kalor digunakan untuk mengukur jumlah energi termal yang dapat dipindahkan antara sistem atau benda yang berbeda karena perbedaan suhu.

Satuan dasar yang digunakan untuk mengukur kalor adalah kalori (cal) di dalam sistem satuan CGS (sentimeter, gram, detik) atau joule (J) di dalam sistem satuan Internasional (SI). 1 kalori setara dengan sekitar 4.184 joule.

Fenomena kalor juga terjadi di kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika memanaskan secangkir air dingin di atas kompor, maka energi panas (kalor) akan ditransfer dari kompor ke air sehingga suhu air meningkat. Hal itu merupakan salah satu contoh transfer panas positif.

Sebaliknya, ketika membiarkan secangkir air panas dingin di udara sejuk, maka energi panas akan keluar dari air ke lingkungan sekitarnya sehingga suhu air menurun. Fenomena ini merupakan contoh transfer panas negatif.

Jadi, kalor adalah istilah yang digunakan untuk mengukur atau menggambarkan transfer energi termal antara sistem atau benda yang berbeda dan merupakan konsep dasar dalam pemahaman panas dan energi dalam fisika.