Brilio.net - Di kehidupan sehari-hari manusia tidak lepas dari pengaruh frekuensi dan gelombang. Ketika menonton televisi, mendengar musik atau radio, telponan, dan berbagai kegiatan lainya selalu berkaitan dengan frekuensi gelombang. Misalnya frekuensi gelombang suara yang memudahkan manusia menangkap sumber suara, frekuensi gelombang cahaya memudahkan manusia untuk melihat berbagai warna, frekuensi telekomunikasi yang memudahkan kamu berselancar di internet dan sebagainya.

Oleh sebab itu dalam ilmu fisika, materi tentang frekuensi gelombang sangat penting untuk dipelajari. Tak hanya sebagai materi pelajaran semata tetapi lebih dari itu. Bagi kamu siswa-siswi, memahami rumus frekuensi gelombang memudahkan untuk menjawab soal-soal yang diberikan guru. Pasalnya dalam ujian sekolah seringkali muncul soal seputar rumus frekuensi gelombang ini.

Nah, biar kamu makin paham menyelesaikan rumus frekuensi gelombang, berikut brilio.net berikan penjelasan lengkap terkait rumus frekuensi gelombang, beserta ciri dan contoh soal. Dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (6/10).

Pengertian frekuensi gelombang.

Rumus frekuensi gelombang © 2023 brilio.net

Rumus frekuensi gelombang
freepik.com

Frekuensi gelombang adalah jumlah siklus atau osilasi yang terjadi dalam suatu gelombang dalam satu satuan waktu. Ini adalah salah satu karakteristik utama gelombang dan diukur dalam hertz (Hz), yang berarti jumlah siklus per detik.

Dalam konteks gelombang, frekuensi menggambarkan seberapa sering sebuah gelombang berulang dalam satu detik. Semakin tinggi frekuensi, semakin banyak siklus/gelombang perambatannya yang terjadi dalam satu detik, sementara frekuensi yang lebih rendah memiliki lebih sedikit siklus dalam satu detik.

Frekuensi gelombang sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk fisika, teknik, komunikasi, dan ilmu lainnya. Beberapa contoh aplikasi frekuensi gelombang termasuk radio, televisi, telepon seluler, gelombang suara, gelombang cahaya, dan banyak lagi.

Dalam gelombang elektromagnetik, seperti cahaya atau sinyal radio, frekuensi juga berhubungan dengan energi gelombang, dengan frekuensi yang lebih tinggi memiliki energi yang lebih besar.