Brilio.net - Fisika kuantum adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku materi dan energi yang berada di tingkat molekuler, atom, nuklir, tingkat mikroskopis, hingga materi yang lebih kecil lagi. Fisika kuantum berbeda dengan fisika klasik yang lebih memfokuskan pada benda-benda yang dapat dilihat dan dirasakan secara langsung.

Fisika kuantum mengungkapkan fenomena-fenomena yang tidak dapat dijelaskan oleh fisika klasik, seperti dualisme gelombang-partikel, efek fotolistrik, efek Compton, efek tunel, dan lain-lain. Secara sederhana fisika kuantum merupakan ilmu sains yang mempelajari tentang benda-benda yang mempunyai ukuran sangat kecil atau bahkan tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Untuk lebih jelaskan, berikut pembahasan tentang rumus fisika kuantum, lengkap dengan pengertian, teori, dan contoh soal. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber pada Senin (25/9).

Pengertian fisika kuantum.

Rumus fisika kuantum dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Fisika kuantum merupakan ilmu yang menggali tentang perilaku materi dan energi yang berada pada tingkat molekuler, atom, nuklir, tingkat mikroskopis, hingga materi-materi di alam yang berukuran lebih kecil lagi.

Biasanya, objek penelitian fisika kuantum tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Pasalnya materinya hanya bisa dirasakan melalui besaran ukuran yang bida dideteksi saja.

Maka nggak heran jika banyak merasakan kesulitan mempelajari tentang fisika kuantum ini. Perlu diketahui bahwa fisika kuantum dipelopori oleh seorang fisikawan ternama berasal dari Jerman bernama Max Planck Ernst Ludwig Planck.

Max Planck Ernst Ludwig Planck, lahir pada 23 April 1858 dan berperan besar dalam pencetus teori kuantum ini. Pada 1900, Planck mengenalkan konsep kuantum energi. Meski tidak bisa diketahui secara akurat tetapi bisa dinyatakan sebagai diskrit paket energi yang dikenal dengan sebutan quanta.