Brilio.net - Kecepatan adalah satuan yang memiliki arah dan nilai. Ketika suatu benda berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kamu dapat mengukur waktu tempuh, kecepatan hingga akselerasinya. Dengan begitu, kecepatan, jarak dan waktu selalu memiliki keterkaitan.

Ketiganya saling terkait dan memiliki rumusannya tersendiri. Pasalnya untuk mengetahui besaran perpindahan suatu objek maka perhitungannya memerlukan rumus kecepatan jarak dan waktu ini. Dengan mengetahui rumus kecepatan ini kamu dapat menemukan besaran jarak tempuh suatu benda dalam satuan waktu tertentu.

Supaya lebih paham tentang kecepatan, jarak dan waktu dalam fisika ini, berikut brilio.net berikan penjelasan lengkap tentang rumus kecepatan jarak dan waktu dalam fisika, beserta pengertian serta contoh soalnya, Selasa (19/9).

Pengertian & rumus kecepatan jarak dan waktu dalam fisika.

Rumus kecepatan jarak dan waktu dalam fisika © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum mengetahui rumus tentang kecepatan, jarak dan waktu dalam fisika, perlu memahami tentang pengertian kecepatan, jarak dan waktu. Secara sederhana, kecepatan (v) adalah besaran yang menggambarkan perubahan kedudukan suatu benda dalam satuan waktu. Satuan kecepatan adalah meter per sekon (m/s) atau kilometer per jam (km/jam).

Sementara jarak (s) adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda tanpa memperhatikan arahnya. Jarak termasuk besaran skalar, yang hanya memiliki nilai saja. Satuan jarak adalah meter (m) atau kilometer (km). Sedangkan, waktu (t) adalah selang antara dua peristiwa. Waktu termasuk besaran skalar, yang hanya memiliki nilai saja. Satuan waktu adalah sekon (s) atau jam (jam).

Rumus kecepatan, jarak, dan waktu dapat diturunkan dari definisi kecepatan sebagai berikut:

- Kecepatan = Jarak/Waktu
v = s/t

- Jarak = Kecepatan x Waktu
s = v x t

- Waktu = Jarak/Kecepatan
t = s/v

Rumus-rumus ini berlaku untuk gerak lurus beraturan, yaitu gerak lurus dengan kecepatan konstan. Untuk gerak lurus dengan kecepatan berubah, maka digunakan rumus kecepatan rata-rata, yaitu:

- Kecepatan rata-rata = Jarak total / Waktu total atau
v = s/t