Brilio.net - Tak hanya matematika, ilmu fisika juga erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat kamu memindahkan suatu benda di posisi A ke posisi B tentu membutuhkan usaha dan usaha yang digunakan pasti membutuhkan sebuah energi.

Dalam ilmu fisika, energi umumnya terbagi dalam dua jenis yakni energi kinetik dan energi potensial. Khusus membahas energi kinetik, jenis ini merupakan sebuah energi yang digunakan untuk menggerakkan suatu benda dengan massa tertentu hingga mencapai kecepatan tertentu pula.

Di kehidupan sehari-hari, kamu sering menemukan fenomena energi kinetik. Misalnya mobil yang sedang melaju, bola yang menggelinding, benda yang dilempar, benda yang dipindahkan, dan berbagai hal lainya. Untuk menghitung rumus energi kinetik tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengikuti penjelasan dan contoh soal dalam artikel ini.

Berikut pengertian rumus energi kinetik, lengkap dengan contoh soal dan cara mudah pengerjaannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/9).