Brilio.net - Salah satu materi fisika yang sudah diajarkan sejak di Sekolah Dasar adalah tentang magnet. Tentu saja, kamu sudah familiar dengan benda-benda yang bersifat magnetik. Semasa kecil kebanyakan orang tentu sering bermain souvenir yang bisa ditempelkan pada kulkas. Souvenir itu biasanya berbentuk macam-macam seperti buah, hewan atau huruf-huruf. Souvenir kulkas yang kuat menempel di pintu kulkas adalah salah satu contoh benda yang mengandung magnet.

Ternyata dalam ilmu fisika terdapat beberapa benda yang erat kaitannya dengan medan magnet. Lantas apa itu medan magnet? Sebelum mengetahui cara menghitung rumus medan magnet, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu medan magnet. Secara sederhana medan magnet adalah medan yang memiliki muatan listrik atau gaya magnetik yang menghasilkan arus listrik.

Supaya lebih dalam memahami tentang medan magnet ini, berikut brilio.net sajikan penjelasan lengkap tentang cara menghitung rumus medan magnet, lengkap dengan pengertian, ciri, dan contoh soal. Dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (20/9).

Pengertian medan magnet.

 Cara menghitung rumus medan magnet © 2023 brilio.net

Cara menghitung rumus medan magnet
freepik.com

Medan magnet adalah suatu medan yang terbentuk oleh pergerakan muatan listrik atau arus listrik yang dapat memengaruhi muatan listrik atau arus listrik lain yang ada di dalamnya. Medan magnet memiliki besar dan arah yang dapat diperlihatkan dengan garis-garis gaya magnet. Medan magnet juga dapat dihasilkan oleh magnet permanen yang memiliki kutub selatan dan utara.

Merujuk pendapat Giancoli (2001), medan magnet adalah medan vektor yang menggambarkan gaya yang diberikan pada muatan listrik yang bergerak atau arus listrik. Medan magnet dapat ditentukan dengan menggunakan hukum Ampere, hukum Biot-Savart, atau persamaan Maxwell.

Dari kedua penjabaran tersebut, dapat dipahami bahwa medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakkan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak ke arah lainnya. Dengan demikian, jika sebatang magnet diletakkan dalam suatu ruang, maka terjadi perubahan dalam ruang ini yaitu dalam setiap titik dalam ruang akan terdapat medan magnetiknya.

Ciri medan magnet.

 Cara menghitung rumus medan magnet © 2023 brilio.net

Cara menghitung rumus medan magnet
freepik.com

Medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk oleh gerakan muatan listrik atau arus listrik yang dapat mempengaruhi muatan listrik atau arus listrik lain yang berada di dalamnya. Medan magnet memiliki arah dan besar yang dapat digambarkan dengan garis-garis gaya magnet. Medan magnet juga dapat dihasilkan oleh magnet permanen yang memiliki kutub utara dan selatan. Adapun ciri medan magnet sebagai berikut:

1. Medan magnet dapat menarik benda-benda yang bersifat magnetik, seperti besi, baja, nikel, kobalt, dan magnetit. Benda-benda yang tidak bersifat magnetik, seperti plastik, kayu, kaca, dan udara, tidak dipengaruhi oleh medan magnet.

2. Medan magnet memiliki kutub-kutub yang disebut kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Kutub-kutub ini menunjukkan arah garis-garis gaya magnet. Garis-garis gaya magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan.

3. Medan magnet memiliki sifat tarik-menarik dan tolak-menolak. Jika dua kutub magnet yang sejenis didekatkan, maka akan saling tolak-menolak. Jika dua kutub magnet yang berbeda didekatkan, maka akan saling tarik-menarik.

4. Medan magnet dapat menembus benda-benda yang tidak bersifat magnetik, seperti kertas, plastik, kaca, dan udara. Namun, medan magnet dapat dilemahkan oleh benda-benda yang bersifat diamagnetik, seperti air, tembaga, timbal, dan bismut. Benda-benda yang bersifat diamagnetik dapat menghasilkan medan magnet yang berlawanan arah dengan medan magnet yang dikenakan.

5. Medan magnet dapat berubah-ubah menurut waktu dan tempat. Medan magnet dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti arus listrik, magnet permanen, induksi elektromagnetik, dan medan magnet bumi. Medan magnet bumi adalah medan magnet yang melingkupi bumi dan berasal dari gerakan inti luar bumi yang berupa cairan logam yang mengalir.