Brilio.net - Tahu nggak sih jika impuls dan momentum sering dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari? Misalnya ketika menendang bola, memukul paku dengan palu, atau menangkap bola. Ketika menendang bola, kita memberikan gaya pada bola selama waktu tertentu, sehingga bola mendapatkan impuls dan berubah kecepatannya.

Bola yang bergerak memiliki momentum yang bergantung pada massa dan kecepatannya. Ketika memukul paku dengan palu, kita memberikan gaya besar pada paku dalam waktu singkat, sehingga paku mendapatkan impuls besar dan bergerak masuk ke kayu.

Palu yang berhenti memberikan impuls negatif pada paku, sehingga mengurangi momentumnya. Ketika menangkap bola, kita memberikan gaya pada bola dalam waktu lama, sehingga bola mendapatkan impuls kecil dan berhenti. Bola yang berhenti ini kemudian kehilangan momentumnya.

Nah, fenomena impuls dan momentum tersebut memiliki rumusannya tersendiri. Dalam ilmu fisika, rumus impuls dan momentum sangat penting dipelajari. Apalagi bagi siswa-siswi, pasalnya di ujian sekolah sering muncul soal seputar rumus impuls dan momentum ini.

Berikut ini brilio.net sajikan ulasan lengkap tentang rumus impuls dan momentum, beserta pengertian, contoh soal, dan cara pengerjaannya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/11).

Definisi impuls dan momentum.

rumus impuls dan momentum © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Apa itu impuls?

Impuls adalah besaran fisika yang mengukur sejauh mana gaya bekerja pada suatu benda selama periode waktu tertentu. Dalam istilah matematis, impuls (I) dapat didefinisikan sebagai perubahan momentum (Δp) suatu benda selama periode waktu tersebut. Impuls adalah besaran vektor, yang berarti selain memiliki besaran (magnitude), ia juga memiliki arah yang sama dengan arah perubahan momentum.

Secara sederhana, impuls merupakan gaya yang diperlukan untuk menggerakkan suatu benda dengan waktu tertentu. Misalnya saat menggulirkan bola, maka membutuhkan gaya dengan cara menendang bola sehingga terjadi perubahan. Pada proses kaki mengayun hingga menendang bola ada selang waktu. Sehingga dapat dikatakan ada waktu yang dibutuhkan untuk menendang bola. Hal itulah yang dikenal sebagai impuls.

Apa itu momentum?

Momentum adalah besaran fisika yang menggambarkan besarnya gerakan atau pergerakan suatu benda. Secara matematis, momentum (p) suatu benda didefinisikan sebagai hasil perkalian antara massa benda (m) dengan kecepatan benda (v) yang dimilikinya. Momentum adalah besaran vektor, yang berarti selain memiliki besaran (magnitude), ia juga memiliki arah yang sama dengan arah gerakan benda.

Dengan kata lain, momentum adalah ukuran kesulitan untuk memberhentikan benda. Semakin berat benda, maka momentum akan semakin besar. Semakin cepat benda bergerak, maka momentum juga akan semakin besar.