Brilio.net - Pernah tidak kamu mengamati suatu benda yang bergerak lurus beraturan? Bahkan kecepatan benda itu sama dengan kecepatan rata-rata? Lalu kenapa hal itu bisa terjadi?

Dalam ilmu fisika, gerak lurus beraturan dapat terjadi karena kecepatan benda yang bergerak tadi selalu konstan. Nah, kecepatan ini dapat dihitung dalam rumus GLB (gerak lurus beraturan).

GLB (gerak lurus beraturan) merupakan jenis gerakan di mana sebuah benda bergerak sepanjang lintasan lurus dengan kecepatan yang konstan. Artinya, dalam GLB, benda tersebut akan bergerak dengan perpindahan yang sama dalam interval waktu yang sama, tanpa mengalami percepatan atau perlambatan.

Pada rumus GLB (gerak lurus beraturan) memiliki keterkaitan antara waktu, kecepatan, atau perambatannya. Agar kamu lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan rumus GLB ini, berikut brilio.net sajikan rumus GLB mulai dari pengertian, ciri, contoh soal, dan pembahasannya seperti dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (1/11).

Definisi rumus GLB (gerak lurus beraturan).

Rumus GLB © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan yang tetap atau konstan. Benda yang melakukan gerak lurus beraturan tidak memiliki percepatan, artinya tidak mengalami perubahan kecepatan.

Pada prinsipnya benda yang bergerak lurus beraturan akan menempuh jarak yang sama dalam interval waktu yang sama. Beberapa karakteristik utama gerak lurus beraturan adalah:

1. Kecepatan tetap: Kecepatan benda dalam GLB selalu tetap, yang berarti bahwa benda tersebut bergerak dengan kecepatan konstan sepanjang lintasan lurusnya.

2. Perpindahan sama dalam waktu yang sama: Perpindahan benda dalam interval waktu yang sama selalu konsisten. Artinya, jika benda bergerak selama satu detik, perpindahan benda akan selalu sama setiap detik.

3. Tidak ada perubahan kecepatan: Selama gerak lurus beraturan, benda tidak mengalami perubahan kecepatan. Tidak ada percepatan (peningkatan kecepatan) atau perlambatan (penurunan kecepatan) selama gerakan ini.

Ciri-ciri GLB (gerak lurus beraturan).

Rumus GLB © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Terdapat beberapa ciri-ciri utama rumus GLB (gerak lurus beraturan), diantaranya:

- Benda bergerak di lintasan yang berupa garis lurus.

- Kecepatan benda tetap atau konstan

- Tidak memiliki percepatan atau percepatan benda sama dengan nol.

- Panjang lintasan sama dengan luas grafik kecepatan terhadap waktu.

- Perpindahan benda berbanding lurus dengan kecepatan dan berbanding terbalik dengan waktu.