Cara menggunakan rumus IF di excel.

rumus IF di excel © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Rumus IF adalah salah satu rumus yang sering digunakan di Excel untuk melakukan pengujian logika. Rumus IF dapat memberikan hasil yang berbeda tergantung apakah kondisi yang diuji benar atau salah. Berikut adalah cara menggunakan rumus IF di Excel:

- Pertama, ketik tanda sama dengan (=) di sel tempat kamu ingin menampilkan hasil rumus IF.

- Kedua, ketik nama fungsi IF dan buka kurung, yaitu =IF(

- Ketiga, masukkan argumen atau parameter yang dibutuhkan oleh rumus IF, yaitu tes_logika, nilai_jika_benar, dan nilai_jika_salah.

Pisahkan argumen dengan tanda koma (,). Tes_logika adalah kondisi yang ingin kamu uji, misalnya A1>10. Nilai_jika_benar adalah hasil yang diinginkan jika tes_logika bernilai benar, misalnya "Lulus".

Nilai_jika_salah adalah hasil yang diinginkan jika tes_logika bernilai salah, misalnya "Tidak Lulus". Kamu dapat menggunakan tanda kutip ("") untuk memasukkan teks, atau langsung menulis angka, sel, atau rumus lain sebagai argumen. Contoh: =IF(A1>10,"Lulus","Tidak Lulus")

- Keempat, tutup kurung dan tekan Enter. Rumus IF akan menghasilkan nilai yang sesuai dengan kondisi yang diuji. Contoh: Jika nilai di sel A1 adalah 12, maka rumus IF akan menghasilkan "Lulus". Jika nilai di sel A1 adalah 8, maka rumus IF akan menghasilkan "Tidak Lulus".