Brilio.net - Buat kamu yang baru belajar IPA di bangku SMP, di materi awal kamu akan diajarkan sebuah teori populer yakni rumus Hukum Newton 1. Rumus Hukum Newton 1 merupakan salah satu teori gerak yang dicetuskan oleh seorang ilmuwan tersohor asal Inggris yakni Sir Isaac Newton.

Nyatanya, Hukum Newton 1 tercetus karena terinspirasi dari fenomena gravitasi yang terjadi sehari-hari. Misalnya ketika mobil berhenti mendadak, penumpangnya akan tetap bergerak ke depan karena ada proses yang dinamakan inersia.

Penggunaan sabuk pengaman adalah upaya untuk mencegah inersia tersebut. Hal ini menunjukkan bagaimana penumpang mobil akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama sebelum mobil berhenti, sesuai dengan yang dianalisis oleh Hukum Newton 1.

Contoh rumus Hukum Newton 1 lainnya adalah fenomena tekanan udara di dalam kendaraan. Saat kamu duduk di dalam kereta api atau mobil yang bergerak, terkadang terasa lebih panas. Namun saat kamu membuka jendela, terjadi hembusan angin yang kuat ke dalam kendaraan.

Fenomena di atas adalah contoh bagaimana penutupan atau pembukaan jendela dapat menimbulkan perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar kendaraan. Dengan kata lain, fenomena tersebut buka dan tutup kaca jendela tersebut mempengaruhi arus udara yang masuk, sesuai dengan prinsip rumus Hukum Newton 1.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan lengkap berikut ini. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/11) ini dia penjelasan tentang rumus Hukum newton 1, pahami pengertian, contoh soal dan trik cepat menjawabnya.

Pengertian Rumus Hukum Newton 1.

Rumus hukum newton 1 freepik.com

foto: freepik.com

Hukum Newton 1 juga dikenal sebagai prinsip Inersia. Prinsip ini adalah salah satu konsep dasar dalam fisika yang dirumuskan oleh ilmuwan terkenal, Sir Isaac Newton. Hukum Newton 1 ini membantumu memahami perilaku benda ketika tidak ada gaya eksternal yang bekerja padanya.

Hukum Newton 1 merupakan bagian pertama dari tiga jenis hukum gerak Newton yang merupakan dasar mekanika klasik. Hukum ini pertama kali dirumuskan pada abad ke-17 dan menjadi landasan bagi banyak konsep fisika yang berkaitan dengan gerak benda.

Hukum Newton 1, atau prinsip inersia, berbicara tentang perilaku benda ketika tidak ada gaya eksternal yang bekerja padanya. Hukum ini menegaskan bahwa benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya luar yang mempengaruhi.

Rumus Hukum Newton 1.

Hukum Newton 1 menyatakan: "Sebuah benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya netto yang bekerja padanya."

Konsep inti dari Rumus Hukum Newton 1 ini adalah ide inersia. Yakni, penggambaran akan kecenderungan benda untuk tetap dalam keadaan saat ini, baik itu diam atau bergerak dengan kecepatan konstan, kecuali jika dipaksa untuk berubah oleh suatu gaya eksternal.

Dalam pengertian ini, "gaya netto" merujuk pada total gaya yang bekerja pada suatu benda. Jika total gaya pada benda adalah nol, maka benda akan tetap dalam keadaan yang ada tanpa perubahan geraknya. Ini berlaku untuk benda yang sedang diam dan benda yang bergerak dengan kecepatan konstan.