Brilio.net - Listrik merupakan salah satu hal vital dalam kehidupan sehari-hari karena menjadi sumber daya bagi berbagai peralatan maupun benda yang dipakai. Soal listrik ini juga dipelajari dalam mata pelajaran anak IPA, khususnya pada materi fisika elektro. Dalam pelajaran mengenai kelistrikan, kamu bakal menemukan berbagai rumus-rumus, termasuk rumus hambatan listrik.

Hambatan listrik merupakan sebuah fenomena di mana aliran atau daya listrik mengalami hambatan. Salah satu contoh dari hambatan listrik ini misalnya saat lampu yang menyala, kemudian saklarnya kamu matikan sehingga aliran listrik terputus lalu lampu pun padam.

Saklar yang dimatikan itu menghambat aliran listrik, dan fenomena itulah yang disebut dengan hambatan listrik. Rumus hambatan listrik dalam hal ini berperan untuk mengukur sebuah komponen penghalang arus listrik pada konduktor. Dengan mengetahui rumus hambatan listrik, kamu bisa mengidentifikasi fenomena mengalirnya listrik dari satu pemancar ke pemancar lainnya.

Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/11), penjelasan mengenai rumus hambatan listrik, pengertian, jenis satuan ukur, contoh soal dan trik mudah mengerjakannya.

Pengertian Hambatan Listrik.

Rumus hambatan listrik freepik.com

foto: freepik.com

Dalam ilmu fisika, hambatan listrik adalah sifat fisik dari suatu bahan yang menghalangi arus listrik untuk mengalir. Setiap bahan memiliki hambatan listriknya sendiri, yang tergantung pada faktor-faktor seperti jenis bahan, panjang, luas penampang, dan suhu.

Hambatan listrik diukur dalam ohm (Ω) dan merupakan ukuran dari seberapa sulit arus listrik untuk mengalir melalui suatu konduktor.

Jenis Satuan Ukur.

Adapun satuan ukur untuk hambatan listrik adalah ohm (Ω). Ohm adalah satuan turunan dalam sistem metrik yang dinamai dari ilmuwan fisika Jerman bernama Georg Simon Ohm, sang penemu hukum Ohm, sebuah konsep dasar dalam elektronika yang menjelaskan hubungan antara tegangan, arus, dan hambatan dalam suatu rangkaian.