Cara menulis kalimat future tense.

rumus future tense © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk menulis kalimat dengan rumus future tense, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Jenis future tense yang ingin kamu gunakan, apakah simple, continuous, perfect, atau perfect continuous. Setiap jenis future tense memiliki fungsi dan rumus yang berbeda-beda.

2. Subjek, kata kerja, dan objek yang sesuai dengan makna dan konteks kalimat. Pastikan kamu menggunakan kata kerja yang tepat, baik bentuk dasar, past tense, past participle, atau present participle.

3. Kata bantu yang menunjukkan waktu di masa depan, seperti will, shall, going to, have, atau have been. Pastikan kamu menggunakan kata bantu yang sesuai dengan subjek dan jenis future tense yang kamu pilih.

4. Keterangan waktu yang menunjukkan kapan peristiwa atau tindakan itu akan terjadi di masa depan, seperti tomorrow, next week, by the end of this year, dll. Pastikan kamu menggunakan keterangan waktu yang jelas dan logis.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat future tense yang bisa kamu tiru atau modifikasi sesuai kebutuhanmu:

1. Simple future tense: I will go to the library tomorrow. (Aku akan pergi ke perpustakaan besok.) She is going to study hard for the exam. (Dia akan belajar keras untuk ujian.)

2. Future continuous tense: He will be working on his project until midnight. (Dia akan bekerja di proyeknya sampai tengah malam.) We shall be waiting for you at the airport. (Kami akan menunggumu di bandara.)

3. Future perfect tense: They will have finished their homework by 10 p.m. (Mereka akan telah menyelesaikan pekerjaan rumah mereka pada pukul 10 malam.) She will have graduated from college next year. (Dia akan telah lulus dari perguruan tinggi tahun depan.)

4. Future perfect continuous tense: He will have been living in this city for five years next month. (Dia akan telah tinggal di kota ini selama lima tahun bulan depan.) They will have been playing soccer for two hours by the time we arrive. (Mereka akan telah bermain sepak bola selama dua jam pada saat kita tiba.)