Brilio.net - Manajemen persediaan adalah salah satu aspek penting dalam bisnis. Dengan manajemen persediaan yang efektif, bisnis dapat menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi. Salah satu strategi manajemen persediaan yang populer adalah EOQ atau Economic Order Quantity.

Rumus EOQ adalah strategi yang menentukan ukuran pesanan ideal untuk suatu produk atau barang. Tujuannya adalah untuk meminimalkan total biaya pengelolaan persediaan dengan menyeimbangkan biaya pemesanan dengan biaya penyimpanan persediaan.

Berikut ini ulasan lengkap tentang rumus EOQ (Economic Order Quantity) lengkap dengan ciri, dan contoh soal serta pembahasan yang mudah dipahami. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/11).

Rumus EOQ (Economic Order Quantity).

rumus EOQ © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Pada prinsipnya, rumus EOQ bertujuan untuk meminimalkan biaya total persediaan, yang terdiri dari biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Biaya pemesanan adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemesanan, seperti biaya administrasi, biaya transportasi, atau biaya diskon.

Sementara biaya penyimpanan adalah biaya yang dikeluarkan untuk menyimpan persediaan, seperti biaya sewa gudang, biaya asuransi, biaya keamanan, atau biaya kerusakan. Untuk menghitung rumus EOQ (Economic Order Quantity) perlu memperhatikan beberapa faktor, yaitu:

1. Permintaan jumlah produk dalam satu tahun

2. Biaya pemesanan seperti biaya pengiriman atau pemrosesan pesanan

3. Biaya menyimpan dan memelihara persediaan, seperti biaya sewa, utilitas, dan asuransi

4. Biaya satuan yaitu biaya membeli satu unit produk atau barang tersebut.

Selanjutnya, untuk mencari nilai EOQ menggunakan rumus berikut:

EOQ = √((2DS)/(C))

Keterangan:

- EOQ adalah kuantitas pesanan ekonomis

- D adalah permintaan tahunan untuk produk atau barang tersebut

- S adalah biaya pemesanan

- C adalah biaya penyimpanan per unit

Dengan menggunakan rumus EOQ, suatu perusahaan dapat menentukan ukuran pesanan optimal yang akan meminimalkan total biaya persediaan. Sehingga dapat membantu sebuah perusahaan menghemat pengeluaran dan meningkatkan efisiensi produksi.

Manfaat rumus EOQ (Economic Order Quantity).

rumus EOQ © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

1. Biaya persediaan yang berkurang

Budgeting dalam pembiayaan suatu produk sangat penting. Oleh sebab itu, ketika menggunakan rumus EOQ dapat mengoptimalkan kuantitas persediaan atau jumlah produk yang dibuat sesuai permintaan pasar, sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan persediaan dan biaya pemesanan.

2. Arus kas yang lebih baik

Pada dasarnya dengan memanfaatan perhitungan EOQ dapat meningkatkan arus kas perusahaan. Sebab perusahaan dapat menaksirkan berapa banyak bahan-bahan yang dibutuhkan dalam satu kali produksi maupun memperkirakan operasional secara proporsional sehingga perusahaan tidak over budgeting (tidak mengalami kerugian) dan tentu saja bisa memanfaatkan pembiayaan untuk kebutuhan lainnya.

3. Risiko kehabisan stok perusahaan.

Salah satu manfaat rumus EOQ yaitu bisa memperhitungkan kebutuhan dan atau operasional perusahaan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kehabisan stok, yang dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan ketidakpuasan pelanggan.