Brilio.net - Penasaran nggak sih bagaimana suatu negara dapat dikatakan maju atau tidak? Apa indikator yang menyebabkan suatu negara itu dinyatakan sejahtera atau tidak sejahtera? Nah, bila ditelusuri ternyata rumus laju pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting dalam melihat tingkat kesejahteraan suatu negara.

Dimana laju pertumbuhan ekonomi mengukur perubahan persentase dari produk domestik bruto (PDB) atau produk nasional bruto (PNB) dari tahun ke tahun. Adapun faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi terdiri dari berbagai faktor, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, teknologi, sosial budaya, dan kebijakan pemerintah.

Untuk lebih jelasnya memahami rumus laju pertumbuhan ekonomi, yuk simak ulasan tentang rumus laju pertumbuhan ekonomi, beserta pengertian, faktor, contoh soal, dan cara mudah pengerjaannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/11).

Pengertian dan rumus laju pertumbuhan ekonomi.

rumus laju pertumbuhan ekonomi © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Laju pertumbuhan ekonomi merujuk pada perubahan persentase dalam output ekonomi suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Ini diukur dengan membandingkan nilai produk domestik bruto (PDB) pada dua periode waktu berbeda. Laju pertumbuhan ekonomi memberikan gambaran tentang seberapa cepat atau lambat suatu ekonomi berkembang.

Pertumbuhan ekonomi terjadi ketika suatu negara mengalami peningkatan dalam produksi barang dan jasa selama periode waktu tertentu. Laju pertumbuhan ekonomi diukur sebagai persentase pertumbuhan PDB dari satu periode ke periode berikutnya.

Laju pertumbuhan ekonomi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk investasi, inovasi teknologi, tingkat pendidikan, stabilitas politik, kebijakan fiskal dan moneter, serta faktor-faktor lainnya. Laju pertumbuhan yang tinggi biasanya dianggap sebagai indikator ekonomi yang sehat, karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan per kapita, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.