Brilio.net - Dalam dunia bisnis, kamu akan dikenalkan dengan rumus IRR. Apa itu rumus IRR? Rumus IRR atau Internal Rate of Return adalah salah satu metode yang digunakan dalam analisis investasi untuk menilai potensi keuntungan suatu proyek atau investasi.

Rumus IRR sendiri merupakan alat untuk menghitung tingkat pengembalian atau tingkat bunga yang membuat nilai sekarang dari arus kas bersih (Net Present Value/NPV) dari proyek tersebut sama dengan nol.

Selain itu, rumus IRR adalah salah satu indikator yang penting dalam pengambilan keputusan investasi, karena membantu menentukan apakah proyek tersebut layak dilakukan atau tidak. Nah, dalam artikel berikut ini, kamu akan dijelaskan tentang rumus IRR dalam pengertian yang lebih gamblang lagi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis(9/11), berikut ini rumus IRR, pengertian, fungsi, dan cara mudah menghitungnya.

Pengertian IRR

IRR atau Internal Rate of Return adalah tingkat pengembalian yang akan diperoleh dari suatu investasi atau proyek jika semua arus kas yang dikeluarkan dan diterima selama umur proyek dihitung dengan tingkat bunga tertentu. Dalam kata lain, IRR adalah tingkat bunga yang akan membuat nilai sekarang (present value) dari arus kas positif sama dengan nilai sekarang dari arus kas negatif dari investasi tersebut.

Dalam konteks investasi, IRR adalah suku bunga atau tingkat pengembalian yang harus dihasilkan oleh proyek agar proyek tersebut menghasilkan arus kas yang cukup besar untuk membenarkan investasi tersebut. Jika tingkat pengembalian aktual (IRR) lebih tinggi dari tingkat bunga yang diharapkan atau yang diterima dari investasi lain, maka investasi tersebut dianggap layak dilakukan.

Rumus IRR freepik.com

foto: freepik.com

Fungsi IRR

1. Evaluasi Proyek Investasi

IRR digunakan untuk mengevaluasi proyek investasi dan menentukan apakah proyek tersebut layak atau tidak. Jika IRR proyek lebih tinggi dari tingkat bunga yang diharapkan, maka proyek tersebut layak untuk diinvestasikan.

2. Perbandingan Proyek

IRR memungkinkan perbandingan antara beberapa proyek investasi. Proyek dengan IRR tertinggi dianggap lebih menguntungkan.

3. Penentuan Keputusan Investasi

IRR membantu dalam pengambilan keputusan investasi, terutama ketika ada banyak opsi investasi yang tersedia.

4. Mengukur Kinerja Keuangan

IRR juga digunakan untuk mengukur kinerja keuangan suatu investasi. Semakin tinggi IRR, semakin baik investasi tersebut.