Brilio.net - Apa itu bilangan bulat? Mungkin pertanyaan itu terbesit ketika diminta mempelajari materi operasi hitungan. Sebenarnya, rumus bilangan bulat sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar. Namun, terkadang nggak semua orang memahami atau bahkan mengingat operasi hitungan bilangan bulat ini. Lantas apa itu rumus bilangan bulat?

Secara sederhana bilangan bulat adalah kumpulan atau himpunan bilangan yang nilainya bulat. Walau terkesan mudah, rumus bilangan bulat ternyata penting dipahami lho. Pasalnya bilangan bulat menjadi dasar penguasaan terhadap operasi perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dan penasaran bagaimana cara menghitung rumus bilangan bulat, jangan khawatir pasalnya brilio.net akan mengulik tentang bilangan bulat. Tidak hanya rumus semata tetapi ada juga ulasan tentang pengertian dan cara mengerjakan soal-soal seputar rumus bilangan bulat.

Yuk simak baik-baik rumus bilangan bulat, pahami pengertian dan cara mudah mengerjakannya, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/11).

Pengertian bilangan bulat.

rumus bilangan bulat  2023 brilio.net

rumus bilangan bulat
freepik.com

Bilangan bulat adalah himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan cacah (positif), nol, dan bilangan negatif. Dengan kata lain, bilangan bulat mencakup semua bilangan cacah, bilangan nol, dan bilangan negatif. Bilangan bulat dapat direpresentasikan pada garis bilangan, di mana bilangan cacah berada di sebelah kanan nol, sedangkan bilangan negatif berada di sebelah kiri nol.

Contoh bilangan bulat adalah sebagai berikut:

- ... -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...

Di sini, bilangan 0 adalah nol, bilangan positif adalah bilangan cacah (1, 2, 3, dan seterusnya), dan bilangan negatif adalah bilangan dengan tanda negatif (..., -3, -2, -1). Bilangan bulat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam operasi matematika, fisika, ekonomi, dan banyak bidang lainnya.