Brilio.net - Jangkauan data merupakan salah satu materi penting yang wajib dipelajari dalam ilmu statistika. Rumus jangkauan data adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil dalam suatu kumpulan data. Pada prinsipnya, rumus jangkauan data dapat memberikan gambaran tentang tingkat keragaman atau keseragaman data.

Tidak hanya itu, rumus jangkauan data juga dapat digunakan untuk membandingkan dua atau lebih kumpulan data yang memiliki jumlah data yang sama atau berbeda. Di mana jangkauan data yang kecil menunjukkan bahwa data cenderung memiliki nilai yang dekat atau sama, sedangkan jangkauan data yang besar menunjukkan bahwa data cenderung memiliki nilai yang jauh atau berbeda.

Sementara kegunaan rumus jangkauan data adalah untuk mengukur seberapa tersebar atau bervariasi nilai-nilai dalam suatu data. Untuk lebih memahami tentang rumus jangkauan data ini berikut brilio.net memberikan ulasan lengkap tentang rumus jangkauan data, lengkap dengan pengertian, kegunaan, dan cara menghitung yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/11).