Brilio.net - Sebagai pemilik usaha, pasti tahu pentingnya sebuah stok bagi perusahaan. Penyediaan stok yang cukup dan pengelolaan penyimpanan yang baik membawa banyak keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan yang dapat mengelola stok dengan baik akan selalu dapat menjaga kelancaran operasionalnya tanpa hambatan.

Untuk mengelola stok, bisa dilakukan secara langsung maupun menggunakan software. Namun, pengelolaan stok secara langsung tentu saja sedikit merepotkan dan memerlukan banyak tenaga. Maka dari itu, ada baiknya untuk mempercayakan manajemen stok UMKM mu pada software inventory dan software procurement terpercaya.

Untuk para pemilik UMKM yang ingin mengecek ketersediaan stok dengan cepat, ini berbagai rekomendasi software inventory terbaik yang dapat kamu gunakan telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/4).

1. Software Inventory HashMicro.

Bagi kamu yang memiliki UMKM dapat mempercayakannya HashMicro untuk urusan cek stok dengan gampang. HashMicro merupakan software inventory yang terpercaya dan digunakan oleh banyak usaha di Indonesia dan Singapura. Tentu saja, kualitas software ini benar–benar bagus.

HashMicro bisa digunakan untuk beragam jenis usaha. Ada banyak hal yang bisa digunakan software inventory ini, mulai dari membantu membuat barcode, mengecek stok yang ada, hingga melakukan pengiriman barang, semua bisa dibantu oleh software ini.

Hebatnya lagi, software ini bisa digunakan oleh banyak orang, kamu bebas menambahkan jumlah pengguna dalam jumlah yang tak terbatas. Tak hanya itu, software ini tersedia dalam bentuk basis web dan apk. Sehingga kamu dapat mengakses HashMicro dimanapun, kapanpun, dan dari gadget apapun, baik itu ponsel, laptop, maupun komputer.

2. Software Inventory Oracle.

Oracle, juga bisa menjadi salah satu pilihan software inventory yang cocok untuk UMKM. Software ini sangat mudah digunakan dan dipantau, sehingga siapa saja pasti cepat mengerti dengan tampilan Oracle.

Software inventory Oracle menyediakan sistem berbasis cloud, sehingga Oracle tak akan memakan habis ruang penyimpanan gadget. Bahkan, Oracle juga dapat diintegrasikan ke sistem internal dan sistem eksternal dari perusahaan. Dengan pengintegrasian ini, kamu dapat mengontrol lebih banyak tempat dalam sistem UMKM.

Penggunaan software inventory yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah. Software ini menyediakan visibilitas yang komprehensif terkait dengan pengelolaan arus material, pekerjaan Gudang, dan biaya produk pada sistem manajemen supply chain.

3. Software Inventory Deskera.

Jika kamu memiliki lebih dari satu toko, software inventory yang satu ini pasti sangat cocok. Bernama Deskara, software inventory berbasis ERP yang didesain dengan tampilan UI ini mudah dimengerti. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan software tersebut.

Fitur yang disediakan Deskara juga cukup lengkap. Kamu dapat mengontrol flow barang dengan cepat dan akurat ke berbagai bagian store. Bahkan untuk kamu yang memiliki lebih dari satu store dan ingin mengontrol flow stok antar store, bisa menggunakan Deskara. Jadi jika menggunakan Deskara, kamu tidak perlu menggunakan software inventory lainnya.

4. Software Inventory Microsoft Dynamics.

Siapa yang tak kenal dengan Microsoft? Perusahaan besar asal Amerika ini memang dikenal sebagai produsen software terkemuka. Microsoft ternyata juga menghadirkan software inventory. Tentunya, kualitas software inventory dari Microsoft ini sudah tak perlu diragukan lagi.

Software inventory ciptaan Microsoft diberi nama Microsoft Dynamics. Basis dari sistem inventory ini adalah Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Manajemen (CRM). Penggunaan dua basis ini membuat Microsoft Dynamics sangat ampuh membantu mengelola tingkat inventaris dan meningkatkan operasi rantai pasokan perusahaan.

Pada Microsoft Dynamics, kamu dapat mengecek kondisi inventarismu secara real time. Tentunya pengecekan real time ini bisa dilakukan di berbagai lokasi perusahaan. Sehingga dengan begini, kamu dapat memilih keputusan terbaik dan paling tepat untuk perusahaanmu.

5. Software Inventory SAP.

Rekomendasi software inventory lainnya yang cocok digunakan oleh UMKM adalah software invemtory SAP. SAP sendiri merupakan software inventory dengan basis ERP dan desain yang simpel serta mudah dipahami.

Bila menggunakan software inventory yang satu ini, kamu dapat memantau ketersediaan stok secara real time di berbagai tempat. Kamu juga bisa mengoptimalkan tingkat persediaan dan memastikan pengiriman barang tepat waktu.

Kelebihan lainnya dari SAP adalah software ini dapat dihubungkan dengan modul penjualan dan pembelian UMKM mu. Dengan begini, kamu lebih mudah memantau perkembangan stok yang terjadi di perusahaan tanpa khawatir. Kamu juga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan dengan cara ini.

Itulah berbagai rekomendasi software inventory yang cocok digunakan oleh para pebisnis UMKM. Pilihlah software inventory yang sesuai dengan keperluanmu agar hasil kerja software inventory benar–benar dapat dirasakan secara jelas.