Brilio.net - Sebagai salah satu band pendatang baru paling bersinar di blantika musik Indonesia saat ini, Lomba Sihir siap membuka babak baru dengan melangkah menuju era musik nan gres di 2023 ini. Sebelumnya band ini telah membuka ihwalnya yang dipelopori dengan album debutnya bertajuk Selamat Datang di Ujung Dunia pada bulan Maret 2021 silam.

Siap membentangkan babak yang baru dalam perjalanannya dalam berkarya, sekelompok musisi yang tergabung satu nama Lomba Sihir ini pun menjadikan rapsodi riang yang bertajuk "Ribuan Memori" sebagai kidung prolognya. Dirilis pada tanggal 13 April 2023, "Ribuan Memori" menanggalkan citra Lomba Sihir yang sebelumnya lekat akan distorsi pop alternatif yang sarkastik untuk kemudian mengantarkan ke teritori musik yang lebih ria dan simplistis.

Ditulis oleh Lomba Sihir dan diproduseri oleh Enrico Octaviano bersama Rayhan Noor, Rapsodi Riang yang berdurasi 4 menit dan 14 detik ini bercerita tentang bagaimana kenangan suka dan duka sanggup menjadi lentera penerang sekaligus pijakan di masa kini kita.

Lomba Sihir siap membuka babak baru © Istimewa

foto: istimewa

Kombinasi trio vokal oleh Baskara Putra, Natasha Udu, dan Rayhan Noor mengungkapkan jika seyogyanya mengundang harap dan haru bagi para pendengarnya.

"Karya terbaru kami yang berjudul 'Ribuan Memori' menandakan 'kutub' yang baru bagi kami," terang Lomba Sihir.

Band yang telah diliput oleh media bergengsi strata internasional seperti NME Asia dan The Jakarta Post ini pun menambahkan jika kurang lebih empat tahun berkecimpung di dunia musik telah membuat tumbuh kembang yang bukan alang kepalang, baik dari segi emosi maupun dari segi kreasi.

"Kurang lebih empat tahun setelah kami menjadi sebuah band - termasuk di dalamnya dua tahun setelah kami menelurkan album perdana kami - kami menilai kami telah mengarungi tumbuh kembang yang bukan alang kepalang, baik dari segi emosi maupun dari segi kreasi," ujar band yang terkenal dengan lagu berjudul Cameo ini.

Melalui "Ribuan Memori", Lomba Sihir pun berikhtiar untuk menyuguhkan perspektif kehidupan yang lebih optimistis. Selanjutnya, dapat menghasilkan narasi musikal yang bertolak belakang dengan humor tajam yang mereka tawarkan di album Lomba Sihir sebelumnya. Terlepas dari susunan personil Lomba Sihir yang kini kehilangan satu personil, ironisnya, grup musik ini mendapuk kepercayaan diri yang lebih mantap lagi terkait musikalitasnya. Khususnya, dalam penggarapan karya "Ribuan Memori", Lomba Sihir banyak terinspirasi oleh energi band lawas seperti Blondie dan No Doubt.

Lomba Sihir siap membuka babak baru © Istimewa

foto: istimewa

"Singkat cerita, kita ingin lagu 'Ribuan Memori' ini membawa hawa yang sedih sekaligus senang, yang juga merupakan manifestasi dari apa yang kami rasakan sekarang," lanjut band indie asal Jakarta ini.

"Kami menilai tengah berada di relung emosi yang jauh lebih baik ketimbang hari yang lalu. Sekarang kami siap untuk mengarungi dunia yang lebih luas. Bila kemarin musik Lomba Sihir diibaratkan seperti pesta piyama di ruang tamu, maka musik Lomba Sihir saat ini bagaikan karyawisata di taman bermain," jelas Lomba Sihir.

Rasa-rasanya tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa ekspektasi nan raksasa kian menanti Lomba Sihir. Band asal Jakarta ini sebelumnya telah memperoleh nominasi Best Band From Asia di perhelatan Bandlab NME Awards 2022 kemarin. Dengan album Selamat Datang Di Ujung Dunia berada di posisi 9 di daftar "The 25 Best Asian Albums of 2021" oleh NME Asia, bersandingan dengan album bergengsi Asia lainnya seperti Lilac milik IU dan The Chaos Chapter: Freeze milik TXT.

Tidak hanya "Ribuan Memori" yang menjadi persembahan terbaru Lomba Sihir. Band ini juga tengah mempersiapkan diri untuk menggelar tur perdana di pertengahan tahun 2023, yang bertajuk "Parade Sihir: Tur Perdana Lomba Sihir". Terdapat empat kota yang akan dikunjungi oleh band yang satu ini, yakni Bandung (31 Mei), Solo (3 Juni), Surabaya (8 Juni), dan Jakarta (10 Juni). Untuk penjualan tiket akan diumumkan dalam waktu dekat.

Lomba Sihir siap membuka babak baru © Istimewa

foto: istimewa

"Kita merasakan ekspektasi tersebut. Namun, pada akhirnya, kami tidak akan membiarkan musikalitas kami mengalami tekanan dalam bentuk apa pun itu," tegas Lomba Sihir.

"Meskipun kami 'hanya' terdiri dari lima personil sekarang, kami malah merasa semakin terhubung antara satu sama lainnya. Kami semakin mengenali satu sama lain dan kami semakin memahami diri kami sebagai satu kesatuan. Lucunya, justru sekarang kami malah semakin bersemangat untuk meracik karya-karya baru lainnya. Kami menyimpan cita-cita untuk semakin menembus skena musik global -
namun dengan cara kami sendiri, tentunya," pungkas Lomba Sihir.

"Ribuan Memori" oleh Lomba Sihir dirilis di bawah naungan label Sun Eater dan sudah bisa didengarkan di semua digital streaming platforms (DSPs) seperti Spotify, Apple Music, dan Resso pada tanggal 13 April 2023. Untuk video lirik "Ribuan Memori" dirilis pada hari yang sama.