Brilio.net - Pengajian merupakan kegiatan belajar tentang ilmu agama yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat yang dibimbing oleh guru ngaji. Acara pengajian sendiri bisa dilaksanakan kapan saja, namun umumnya ada pula yang mengadakan pengajian di hari-hari besar Islam. Misalnya Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Nuzulul Qur'an, atau bahkan pada bulan Ramadhan. Pengajian bulan Ramadhan jadi rangkaian acara yang diselenggarakan untuk mengisi waktu serta mempererat hubungan manusia dengan Allah.

Di mana pengajian bulan Ramadhan jadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta memperdalam ilmu agama. Pengajian bulan Ramadhan biasanya diadakan secara akbar, yaitu melibatkan banyak peserta dari berbagai kalangan, seperti masyarakat, organisasi, atau lembaga. Namun ada pula yang mengadakan acara pengajian secara sederhana seperti pengajian antar kelompok tertentu, warga tingkat RT dan sebagainya. Nah, contoh susunan acara pengajian bulan Ramadhan ini bisa dijadikan opsi pengajian rutin di lingkup kecil atau bahkan lingkup yang lebih luas seperti pengajian akbar.

Ketika mengadakan pengajian bulan Ramadhan biasanya mengundang pembicara yang ahli atau orang yang lebih berpengalaman dalam bidang agama, seperti ustadz, kyai, atau da’i. Oleh karena itu, untuk mengadakan pengajian bulan Ramadhan yang sukses, diperlukan sebuah susunan acara yang rapi dan terstruktur. Secara sederhana, susunan acara pengajian bulan Ramadhan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengajian, mulai dari pembukaan hingga penutupan.

Susunan acara pengajian bulan Ramadhan harus disesuaikan dengan tema, tujuan, serta sasaran pengajian. Selain itu, susunan acara pengajian bulan Ramadhan juga harus memperhatikan waktu, tempat, maupun fasilitas yang tersedia. Berikut ini contoh susunan acara pengajian bulan Ramadhan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (23/2).