Brilio.net - Pendidikan bagi anak merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, pendidikan dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Di mana pertumbuhannya selaras dengan perkembangan otak agar tidak mengalami keterlambatan dalam proses pembelajaran. Salah satu agar kamu bisa mempersiapkan pendidikan bagi anak adalah dengan memberikan tempat atau wadah seperti sekolah.

Selain pendidikan dasar yang diberikan di rumah, sekolah juga dapat membentuk tumbuh kembang anak. Salah satu metode dalam mengembangkan tumbuh kembang anak adalah Literasi numerasi - kemampuan individu untuk memahami, menggunakan, dan menginterpretasikan informasi numerik dalam berbagai konteks.

Metode ini mencakup pemahaman konsep matematika, penerapan keterampilan matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi numerik.

Literasi numerasi di sekolah merupakan keterampilan yang penting bagi siswa untuk memahami, menggunakan, dan berpikir secara kritis tentang angka, data, dan konsep matematika dalam berbagai konteks.

Beberapa contoh literasi numerasi di sekolah melibatkan keterampilan seperti pemecahan masalah matematika, penggunaan data dan statistik, serta kemampuan untuk berpikir kritis terhadap informasi yang melibatkan angka.

Tujuan dari literasi numerasi bertujuan memberikan individu kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam masyarakat modern yang semakin tergantung pada informasi dan konsep numerik.

Literasi numerasi menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan langsung dalam kehidupan siswa di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Contoh literasi numerasi di sekolah biasanya mencakup pembelajaran matematika yang kontekstual, di mana setiap siswa tidak hanya memahami konsep tentang matematika, tetapi juga mampu menghubungkannya dengan situasi dunia nyata.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan alat penerapan teknologi, seperti perangkat lunak matematika dan kalkulator. Cara ini juga dapat menjadi bagian dari literasi numerasi untuk mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan dunia modern yang semakin terkait dengan teknologi.

Berikut ini contoh literasi numerasi di sekolah yang bisa kamu pahami dan pelajari, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/3).