Brilio.net - Dalam beberapa tahun terakhir, sekolah ramah anak telah menjadi perhatian utama di Indonesia. Sekolah ramah anak menempatkan kepentingan dan kesejahteraan anak sebagai prioritas utama dalam pendidikan. Dengan fokus pada lingkungan belajar yang mendukung, interaksi positif antara guru dan siswa, serta pengembangan keterampilan sosial dan emosional, sekolah-sekolah ini menjadi wahana penting untuk menciptakan contoh sekolah ramah anak di Indonesia.

Dengan pendekatan ini, contoh sekolah ramah anak tidak hanya berupaya meningkatkan prestasi akademis, tetapi juga membentuk pribadi yang tangguh, peduli, dan berdaya saing di era global. Seperti diketahui, sekolah ramah anak merupakan inisiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk mencegah dan mengurangi kasus kekerasan dan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah.

Contoh sekolah ramah anak atau biasa disingkat SRA sangat berperan penting dan memberikan dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sekolah ramah anak membawa dampak positif lewat prinsip-prinsip dasar yang digunakan, tujuan yang diciptakan, dan program-program yang membantu anak untuk merasa aman dan percaya diri di lingkungan sekolah.

Jika penasaran dan ingin tahu lebih tentang contoh sekolah ramah anak, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (23/2), penjelasan contoh sekolah ramah anak lengkap dengan pengertian dan tujuannya.