Brilio.net - Sebagai seorang siswa, kamu harus memperhatikan sikap dan perilaku yang ditunjukkan di sekolah. Sikap yang terpuji adalah sikap yang baik dan patut diteladani, lho. Artinya, kamu harus berusaha untuk menjadi siswa yang berbudi pekerti dan bertanggung jawab. Penerapan nilai-nilai budi pekerti ini sangat penting karena akan mencerminkan kepribadianmu sebagai siswa.

Saat kita menerapkan sikap yang baik di sekolah, kamu juga ikut membangun lingkungan belajar yang harmonis. Nila-nilai seperti jujur, disiplin, sopan santun, dan tolong menolong adalah contoh sikap terpuji yang harus kamu tunjukkan. Dengan demikian, kamu bisa menjadi teladan bagi teman-teman kita dan menularkan sikap positif kepada orang lain.

Menjadi siswa yang beretika baik bukanlah hal yang memalukan. Sebaliknya, kamu akan mendapat pengakuan dan penghormatan dari guru dan teman-temanmu di sekolah. Selain itu, pelajaran dan pembelajaran di sekolah pun akan berjalan dengan lancar jika semua siswa menerapkan sikap terpuji. Jadi, mari kita jadikan penerapan sikap terpuji sebagai bagian penting dalam kehidupan kita di sekolah.

Nah, buat kamu para calon siswa teladan, yuk simak beberapa contoh perbuatan baik di sekolah. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (20/2), contoh-contoh berikut ini wajib ditiru agar kamu jadi murid teladan.

Contoh perbuatan baik di kepada sesama murid.

Contoh perbuatan baik di sekolah freepik.com

foto: freepik.com

1. Menolong teman yang kesulitan.

Tolong-menolong adalah salah satu contoh perbuatan baik di sekolah. Misalnya, kamu bisa membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran. Contoh lainnya, memberi bantuan saat teman sedang sakit atau cedera. Cara ini tentu akan membuat kamu akan mendapat rasa hormat dari temanmu. Saat situasi kesulitan sebaliknya menimpamu, temanmu tak akan segan memberikan pertolongannya dengan senang hati.

2. Berbagi materi atau catatan.

Di sekolah, tiap murid tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang bisa mencatat materi pelajaran dengan baik, ada pula yang cenderung kesulitan menyimak dan mencatat materi pelajaran dari guru. Nah, berbagi materi pelajaran atau catatan dengan teman yang kesulitan saat pelajaran, dapat membantu mereka tetap mengikuti pembelajaran.

3. Memberi dorongan dan semangat.

Sebagai sesama siswa, kamu bisa menularkan semangatmu kepada siswa lainnya. Caranya adalah, dengan memberikan kata-kata semangat dan dorongan kepada teman yang sedang mengalami kesulitan. Baik itu dalam pelajaran, kompetisi, atau masalah pribadi.

4. Menghormati dan menghargai.

Contoh perbuatan baik lainnya adalah saling menghormati dan menghargai. Kepada sesama siswa, kamu perlu harus menghormati dan menghargai pendapat, kebiasaan, dan perbedaan teman, serta tidak melakukan intimidasi atau pelecehan.

5. Menjadi pendengar yang baik.

Meskipun kamu pandai berbicara, kamu nggak harus selalu berbicara setiap waktu kok. Mendengarkan dengan penuh perhatian saat teman ingin berbicara tentang masalah atau perasaannya adalah salah satu perbuatan baik di sekolah. Sebagai pendengar yang baik, kamu harus melakukannya tanpa menghakimi atau mengecilkan temanmu.

Contoh perbuatan baik di sekolah freepik.com

foto: freepik.com

6. Menyambut dengan ramah.

Setiap orang tentu ingin dihargai. Untuk mendapatkannya, kamu tentu harus mencerminkan sikap tersebut kepada semua temanmu di sekolah. Menyambut teman dengan ramah, senyum, dan sapaan hangat setiap hari, akan membuat mereka merasa diterima dan dihargai.

7. Menjaga kebersihan lingkungan.

Kamu dan teman-temanmu di sekolah, harus menjadi pelopor kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Caranya adalah dengan membersihkan dan merawat lingkungan sekolah bersama-sama, termasuk membersihkan kelas, halaman sekolah, dan fasilitas umum.

8. Mengajak bergabung dalam kegiatan.

Jika kamu punya kegiatan yang mengasyikkan, ada baiknya kamu perlu mengajak teman-temanmu untuk bergabung. Misalnya mengajak temanmu untuk bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan sosial yang positif. Hal ini tentu berguna untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan sosial sebagai seorang siswa.

9. Menjaga keselamatan.

Potensi bahaya tentu akan bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Kamu dan teman-temanmu perlu saling menjaga keselamatan. Caranya, dengan saling mengingatkan saat melihat bahaya atau saat melakukan perilaku yang cenderung berisiko.

10. Memberi apresiasi dan penghargaan.

Setiap orang tentu punya impian yang ingin dicapai. Namun tak semua orang bisa mudah mencapainya dengan mudah. Oleh karena itu, setiap usaha perlu adanya apresiasi dan penghargaan. Mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada teman yang telah berusaha, baik itu dalam pelajaran, olahraga, atau kegiatan lainnya, adalah perbuatan yang baik dan wajib dipraktikkan.