Brilio.net - Dalam menjalin hubungan dengan masyarakat, pasti kamu tidak ingin ada konflik yang terjadi. Konflik yang muncul dapat mengganggu kesejahteraan dan kedamaian di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin masyarakat kerap menghindari adanya konflik.

Namun terkadang, konflik dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat sekitar, bahkan hingga konflik antar negara. Pengertian konflik sosial merupakan suatu bentuk ketegangan atau pertentangan yang terjadi antara individu, kelompok, atau kelas sosial dalam masyarakat.

Konflik sosial muncul ketika terdapat perbedaan dalam kepentingan, nilai, tujuan, atau sumber daya yang diinginkan oleh pihak-pihak yang terlibat. Konflik sosial dapat timbul dalam berbagai tingkatan, mulai dari konflik antar individu hingga konflik antara kelompok besar dalam masyarakat.

Nah, berikut contoh konflik sosial di lingkungan masyarakat lengkap dengan faktor dan cirinya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/7).