Brilio.net - Preposisi adalah jenis kata depan dalam bahasa Indonesia yang digunakan untuk menunjukkan hubungan spasial atau temporal antara dua unsur dalam suatu kalimat. Preposisi biasanya diikuti oleh nomina (kata benda), kata ganti, atau frasa nomina. Kata preposisi berfungsi sebagai penanda berbagai hubungan makna antara konstituen di depan dan di belakang preposisi tersebut.

Dalam kalimat, kata preposisi membuat kata yang mengikutinya menduduki fungsi keterangan dalam kalimat, baik keterangan tempat, keterangan waktu, atau keterangan cara. Selain definisi kata preposisi tersebut, kamu perlu memahami jenis-jenis dan kaidah kata preposisi itu agar lebih memperdalam wawasan tentang contoh kata preposisi.

Pada artikel kali ini, brilio.net tidak hanya memberikan ulasan tentang definisi saja tetapi terdapat beberapa contoh kata preposisi dan penggunaannya. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan penjelasan contoh kata preposisi yang lengkap dengan jenis dan cara membedakan dengan kalimat konjungsi.

Langsung saja, yuk simak contoh kata preposisi, pahami konsep dasar, jenis, fungsi, dan kaidahnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (27/11)

Fungsi kata preposisi.

contoh kata preposisi © 2023 brilio.net

contoh kata preposisi
freepik.com

Pada dasarnya kata preposisi berfungsi sebagai penghubung suatu kata baik di depan maupun dibelakang kata dasar. Supaya lebih memahami fungsi kata preposisi berikut beberapa fungsi kata preposisi berikut ini:

1. Kata preposisi berfungsi sebagai penanda berbagai hubungan makna antara konstituen di depan dan di belakang preposisi tersebut. Contoh hubungan makna yang dapat ditandai oleh kata preposisi adalah tempat, waktu, sebab, akibat, tujuan, arah, alat, cara, perbandingan, dan sebagainya.

2. Nggak hanya itu, kata preposisi juga memiliki fungsi untuk menciptakan hubungan antara kata, klausa, atau frasa yang dihubungkannya. Contoh hubungan yang dapat diciptakan oleh kata preposisi adalah subjek, predikat, objek, pelengkap, atau keterangan.

3. Selanjutnya, kata preposisi juga berfungsi untuk membuat kalimat menjadi lebih informatif, lebih enak dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia yang benar. Misalnya dia tinggal di Jakarta, kata preposisi 'di Jakarta' menunjukkan informasi yang lebih jelas dan akurat.