Brilio.net - Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ada materi yang mempelajari berbagai jenis kata. Dari mulai kata kerja, kata sifat, kata sambung, kata imbuhan, sampai sebuah kata yang disebut kata konkret.

Disebut kata konkret, lantaran jenis kata ini memiliki makna yang berbeda tergantung konteksnya. Secara umum, kata ini dapat merujuk pada benda atau hal yang nyata, konkret, atau sesuatu yang dapat dirasakan atau diamati secara langsung.

Buat kamu yang sedang mencari berbagai referensi tentang contoh kata konkret, kamu bisa menyimak artikel berikut ini sampai bawah. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/11), ini dia 40 contoh kata konkret, dari mulai pengertian dan penggunaannya dalam kalimat. Cekidot!

Pengertian kata konkret.

Konkret berasal dari bahasa Latin ‘concretus’ yang berarti sesuatu yang telah terbentuk atau terjadi. Dalam konteks linguistik, kata ini digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang dapat dirasakan atau diobservasi secara langsung.

Ciri-ciri kata konkret.

Contoh kata konkret freepik.com

foto: freepik.com

1. Dapat diamati atau dirasakan

Kata konkret mengacu pada objek atau benda yang dapat dilihat, disentuh, didengar, dicium, atau dirasakan melalui indera manusia.

2. Tidak abstrak

Berbeda dengan kata abstrak yang merujuk pada konsep atau ide, kata konkret lebih fokus pada benda atau fenomena yang memiliki eksistensi fisik.

3. Memiliki bentuk yang nyata

Kata konkret merujuk pada sesuatu yang memiliki bentuk fisik atau dapat diidentifikasi secara langsung.

Jenis kata konkret.

1. Benda mati

Contohnya adalah meja, kursi, buku, atau mobil. Ini adalah objek-objek fisik yang dapat diobservasi.

2. Benda hidup

Merujuk pada makhluk hidup, seperti manusia, hewan, atau tumbuhan. Hal ini karena mereka memiliki eksistensi fisik yang dapat diamati.

3. Benda alam

Termasuk fenomena alam seperti gunung, sungai, atau hujan. Meskipun abstrak dalam skala yang lebih besar, mereka memiliki keberadaan fisik.

4. Benda buatan

Seperti komputer, televisi, atau jembatan. Objek-objek ini diciptakan oleh manusia dan memiliki wujud fisik yang konkret.

Dengan kata lain, kata konkret digunakan untuk merujuk pada segala sesuatu yang dapat dikenali atau diamati secara langsung, memberikan aspek nyata dan konkret pada bahasa.