Brilio.net - Laporan adalah salah satu bentuk karya tulis yang sering dibuat oleh pelajar, mahasiswa, atau seorang pekerja. Biasanya sebuah laporan berisi tentang hasil dari suatu kegiatan, penelitian, atau observasi yang dilakukan penulis. Umumnya laporan mempunyai struktur yang baku, seperti judul, abstrak, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, dan lampiran.

Namun, ada satu bagian yang sering diabaikan oleh penulis, yaitu kata pengantar laporan. Kata pengantar laporan adalah bagian awal dari laporan yang berisi ucapan syukur, maksud dan tujuan, pelaksanaan, bantuan, harapan, serta kritik dan saran dari penulis. Kata pengantar laporan memiliki fungsi untuk mengantarkan pembaca pada isi yang terdapat dalam laporan.

Selain itu, kata pengantar laporan juga memberikan gambaran umum tentang laporan dan menunjukkan rasa terima kasih, serta harapan penulis. Perlu diingat saat menulis kata pengantar, tidak perlu panjang-panjang, cukup satu halaman saja dan tidak memerlukan tanda tangan. Namun, tahu nggak sih bagaimana cara membuat kata pengantar laporan yang baik dan benar?

Apa saja struktur kata pengantar laporan yang sesuai dengan kaidah penulisan? Bila kamu penasaran, brilio.net memberikan jawabannya. Pasalnya, pada artikel ini akan menjelaskan tentang contoh kata pengantar laporan. Tidak hanya itu, kamu juga akan disajikan tentang fungsi dan struktur kata pengantar laporan, jadi tunggu apa lagi?

Yuk, simak contoh kata pengantar laporan, pahami konsep dasar, fungsi, dan strukturnya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/12).