Fungsi kata pengantar laporan.

contoh kata pengantar laporan © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Fungsi kata pengantar laporan adalah sebagai berikut:

1. Memberikan ulasan singkat tentang isi dari laporan atau karya tulis.

2. Pengantar bagi pembaca untuk memahami tentang apa yang terdapat dalam isi laporan tersebut.

3. Berisi tujuan yang ingin disampaikan oleh penulis.

4. Tidak hanya itu, dalam kata pengantar laporan juga berfungsi sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu penulis dalam menyelesaikan laporan.

5. Fungsi utama kata pengantar laporan yaitu memberikan gambaran umum tentang topik dalam laporan sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Struktur kata pengantar laporan.

contoh kata pengantar laporan © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Struktur kata pengantar laporan adalah sebagai berikut:

1. Pembuka.

Pada kata pengantar laporan berisi ucapan syukur, salam, atau sapaan kepada pembaca. Bagian ini juga dapat mencantumkan judul, jenis, dan tujuan dari laporan yang disusun. Bagian ini biasanya terdiri dari satu atau dua paragraf.

2. Isi.

Setelah mengucapkan salam dan rasa syukur, kamu bisa menuliskan isi kata pengantar laporan dengan memberikan gambaran umum tentang laporan, seperti latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan. Bagian ini juga dapat menyebutkan sumber-sumber yang digunakan dalam penyusunan laporan.

Perlu diingat, saat menulis isi kata pengantar laporan tidak perlu terlalu detail, karena pembaca dapat membaca laporan secara lengkap di bagian selanjutnya. Bagian ini biasanya terdiri dari dua atau tiga paragraf saja.

3. Penutup.

Pada bagian penutup berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan, seperti dosen, pembimbing, teman, atau narasumber. Bagian ini juga berisi harapan penulis untuk mendapatkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca. Bagian ini biasanya terdiri dari satu atau dua paragraf.