Brilio.net - Ketika hamil seorang ibu pasti kerap merasa lapar, terkadang ingin makan nasi tapi takut berat badan naik drastis. Nah kamu bisa mengganti beras biasa dengan beras merah. Beras merah memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan dengan beras putih. Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang sedang diet mengkonsumsi beras merah. Selain itu, beras merah juga sangat direkomendasikan bagi ibu hamil yang ingin menjaga berat badan agar tetap stabil namun masih tetap menjaga kesehatan cabang bayi.

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang diolah tanpa melalui proses penggilingan seperti beras putih. Kandungan serat pada beras merah yang tinggi membuatnya sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin E, magnesium, fosfor, dan zat besi yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Manfaat beras merah untuk ibu hamil adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada beras merah dapat membantu melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional yang dapat terjadi pada ibu hamil.

Tak hanya itu, manfaat beras merah untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kandungan vitamin B kompleks pada beras merah dapat membantu meningkatkan produksi ASI sehingga bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam beras merah juga mengandung asam folat yang dapat membantu mencegah kelainan pada janin seperti cacat tabung saraf dan cacat lahir lainnya.

Tak sampai disitu saja, manfaat beras merah sangat banyak dan beragam. Namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi beras merah ini untuk ibu hamil sebab dibalik manfaat tersebut, beras merah juga mengandung purin yang dapat menyebabkan terjadinya asam urat pada ibu hamil. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi beras merah tak boleh berlebihan.

Selain itu, manfaat beras merah yang beragam ini dianjurkan untuk dikonsumsi namun tak boleh berlebih. Jika dengan jumlah yang tidak berlebihan, ada banyak manfaat beras merah untuk ibu hamil yang bisa dirasakan. Nah berikut 9 manfaat beras merah untuk ibu hamil, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/4).