Brilio.net - Istilah mukadimah sudah tidak asing lagi tentunya bagi kita semua. Mukadimah sendiri merupakan suatu pendahuluan atau pengantar atau kata pembuka. Biasanya mukadimah sering kita dengar di dalam sebuah pidato atau ceramah.

Pidato merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan sebagai pembuka dalam acara. 

Sebelum berpidato, berbagai macam hal yang perlu disiapkan. Mulai dari menulis naskah, penghormatan, isi, maupun penutup. Salah satu bagian dalam berpidato yang sering diucapkan, terutama dalam acara keagamaan atau ketika audiens sebagian besar beragama Islam, yaitu muqaddimah Arab.

Meskipun mukadimah hanya sebuah pengantar, namun mukadimah memiliki peran yang tidak kalah penting, yakni sebagai penarik pendengarnya. Berikut kami berikan beberapa contoh mukadimah agar pidato kamu semakin bagus dan menarik.

Pengertian mukadimah 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mukadimah adalah pendahuluan atau kata pengantar yang letaknya berada di bagian pembukaan tulisan. Biasanya mukadimah atau pembukaan pidato berfungsi sebagai hal yang mampu menarik perhatian penonton. Pemilihan kalimat yang bagus akan membuat pendengar lebih antusias dan tidak berkesan membosankan.