Brilio.net - Kesopanan merupakan salah satu basic manner yang harus dimiliki setiap orang. Ketika berperilaku sopan pada orang lain maka kamu pun akan diperlakukan baik pula. Penting untuk menerapkan norma kesopanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari terlebih di lingkungan masyarakat sebab bisa membangun hubungan kamu dengan orang lain berjalan dengan baik.

Selain itu, dengan menerapkan norma kesopanan di lingkungan masyarakat membuat kamu lebih disukai orang sekitar karena setiap gerak dan tutur katamu menggambarkan penghargaan kepada orang lain. Hal ini dapat meningkat rasa percaya diri kamu maupun penghargaan kepada orang lain.

Nah, berikut contoh norma kesopanan di lingkungan masyarakat yang bisa kamu terapkan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/6).

Pengertian norma kesopanan di lingkungan masyarakat.

Contoh norma kesopanan di lingkungan masyarakat © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Norma kesopanan di lingkungan masyarakat mengacu pada kumpulan aturan dan tindakan yang diharapkan oleh masyarakat dalam berinteraksi secara sopan dan menghormati orang lain. Norma kesopanan memainkan peran penting dalam membentuk hubungan yang harmonis antara individu-individu dalam masyarakat.

Norma kesopanan mencakup perilaku dan tata krama yang dianggap pantas dan sopan dalam berbagai situasi sosial. Ini termasuk hal-hal seperti mengucapkan salam, menggunakan bahasa yang sopan, memberikan penghormatan kepada orang tua, orang yang lebih tua, menghormati privasi orang lain, dan memperlihatkan rasa terima kasih dan penghargaan.