Brilio.net - Contoh norma kesusilaan di lingkungan sekolah merupakan nilai yang penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Norma kesusilaan ini tidak hanya dipraktekkan di lingkungan rumah, tetapi juga di berbagai tempat seperti sekolah maupun tempat umum lainnya.

Adanya norma kesusilaan sebagai karakter siswa dapat melatihnya menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Adapun norma kesusilaan di lingkungan sekolah mengacu pada kumpulan aturan, nilai, dan prinsip moral yang mengatur perilaku dan interaksi antarindividu di dalam lingkungan pendidikan.

Norma-norma ini didasarkan pada prinsip-prinsip etika dan moralitas yang diharapkan untuk dipegang dan diamalkan oleh semua anggota komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, staf, dan orang tua. Norma kesusilaan bertujuan untuk menciptakan suasana yang baik, menghormati hak-hak orang lain, dan mendorong perilaku yang baik dan bermartabat.

Berikut contoh norma kesusilaan di lingkungan sekolah beserta cirinya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/6).