6. Menghormati orang tua atau orang yang lebih tua.

Sejak kecil kamu telah diajarkan nilai-nilai menghormati orang lebih tua. Lantas seperti apa cara menghormati orang tua atau orang lain pada umumnya?. Dalam menghormati orang tua atau orang yang lebih tua, kamu bisa mengucapkan bahasa tubuh dan tutur kata yang sopan tanpa menjelekkan atau meremehkan orang lain. 

Hal terpenting dalam menghargai atau menghormati orang tua adalah mendengarkan perkataan atau nasehat dari orang tua. Contoh sederhana lainnya kamu memberikan salam dengan sopan, mengucapkan kata-kata penghormatan seperti "Bapak" atau "Ibu", dan menunjukkan rasa hormat melalui sikap dan tutur kata yang sopan.

7. Menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan.

Norma kesopanan ini cukup sederhana yaitu tidak membuang sampah sembarangan sudah menunjukkan sikap sopan dan karakter yang terpuji. Dalam hal ini, norma kesopanan juga termasuk menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan di sekitarmu. Ini mencakup membuang sampah pada tempatnya, merapikan barang-barang yang digunakan, dan menjaga kebersihan tempat umum agar nyaman bagi semua orang.

8. Menghormati perbedaan budaya, agama, suku, dan latar belakang individu lain.

Menerima bahwa setiap orang memiliki perbedaan budaya, suku, dan latar belakang adalah bagian dalam bangsa Indonesia. Perbedaan itulah yang menjadi keunikan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, norma kesopanan dalam menghormati setiap perbedaan yang ada adalah hal penting yang patut kamu lakukan. 

Dalam hal ini, norma kesopanan juga mencakup penghargaan terhadap perbedaan individu lain. Ini melibatkan menghormati agama, tradisi, budaya, suku, dan latar belakang lainnya dengan sikap terbuka, toleran, dan menghargai keberagaman dalam masyarakat.

9. Menghormati waktu orang lain.

Kamu kerap mendengar istilah 'jam karet'?. Istilah ini dianggap telah membudaya dalam masyarakat Indonesia, Padahal jika ditelusuri dalam budaya bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai menghormati waktu orang lain. Menghormati waktu orang lain adalah norma kesopanan yang penting. 

Ketika berjanji ketemu teman pada jam tertentu kamu akan tepat waktu. Sikap seperti ini wajib dibudidayakan serta menghindari keterlambatan yang tidak perlu sebab penghargaan terhadap waktu orang lain mencerminkan sikap sopan dan menghargai kepentingan orang lain.