Ciri-ciri kata keterangan suasana dalam bahasa Inggris

Contoh kata keterangan suasana dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Menerangkan suasana hati atau perasaan dari orang atau situasi tertentu.

2. Sering digunakan untuk memberikan deskripsi yang lebih detail tentang suasana atau mood dalam suatu kejadian atau situasi.

3. Berfungsi untuk memberikan nuansa atau rasa pada kalimat.

4. Digunakan untuk menunjukkan perasaan atau emosi yang berkaitan dengan suasana tersebut.

5. Terdiri dari kata-kata seperti calmly, nervously, happily, sadly, dan sebagainya.

6. Biasanya ditempatkan setelah kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya.

7. Sering digunakan dalam puisi atau sastra untuk menciptakan gambaran yang lebih hidup dan memberikan nuansa emosional pada karya sastra tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kata keterangan yang digunakan untuk mendeskripsikan suasana termasuk ke dalam kategori adverb of atmosphere, karena kata-kata tersebut juga bisa digunakan untuk tujuan lain seperti untuk memberikan informasi tentang waktu atau tempat.

Jenis-jenis kata keterangan suasana

Contoh kata keterangan suasana dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Berikut ini beberapa jenis kata keterangan suasana dalam bahasa Inggris:

1. Adverb of manner

Kata keterangan yang memberikan deskripsi tentang bagaimana suatu tindakan dilakukan atau dilakukan dengan cara apa, dan dapat digunakan untuk memberikan nuansa perasaan atau emosi dalam suatu situasi. Contoh: calmly, nervously, happily, sadly, angrily.

2. Adverb of degree

Kata keterangan yang memberikan tingkat intensitas atau derajat dari suatu perasaan atau emosi. Contoh: extremely, very, quite, rather, somewhat.

3. Adverb of time

Kata keterangan yang memberikan informasi tentang waktu atau durasi dari suatu perasaan atau kejadian, dan dapat digunakan untuk memperkuat nuansa perasaan atau emosi yang ingin diungkapkan. Contoh: always, never, often, rarely, occasionally.

4. Adverb of frequency

Kata keterangan yang memberikan informasi tentang seberapa sering suatu perasaan atau kejadian terjadi. Contoh: frequently, seldom, hardly ever, always, never.

5. Adverb of place

Kata keterangan yang memberikan informasi tentang lokasi atau tempat dari suatu perasaan atau kejadian. Contoh: here, there, nearby, far away, everywhere.

6. Adverb of reason

Kata keterangan yang memberikan alasan atau penyebab dari suatu perasaan atau kejadian. Contoh: because, therefore, hence, thus.

7. Adverb of affirmation

Kata keterangan yang digunakan untuk memberikan kepastian atau mengonfirmasi suatu perasaan atau kejadian. Contoh: certainly, indeed, of course, absolutely.

8. Adverb of negation

Kata keterangan yang digunakan untuk menyangkal atau menolak suatu perasaan atau kejadian. Contoh: not, never, neither, nor.

Perlu diingat bahwa satu kata keterangan dapat termasuk ke dalam lebih dari satu jenis, tergantung pada konteks kalimat.