Brilio.net - Belajar tentang bahasa Inggris tidak hanya soal tentang vocabulary-nya saja, tapi juga struktur lainnya, salah satunya adalah noun. Perlu diketahui, noun merupakan salah satu komponen penting dalam membangun suatu kalimat bahasa Inggris.

Singular dan plural juga termasuk jenis noun dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah penjelasan singular dan plural noun beserta jenis kata dan contoh kalimatnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/12).

contoh kalimat singular plural © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Definisi singular dan plural noun

Singular dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai tunggal. Singular noun merujuk pada satu objek tertentu. Singular noun digunakan untuk merujuk pada orang, tempat, benda, atau ide. Singular noun selalu menggunakan singular verb (kata kerja tunggal).

Singular noun merupakan kata-kata benda atau nomina tunggal, yakni yang jumlahnya hanya satu. Bentuk dasar seluruh nomina adalah singular dan diawali dengan preposisi berupa “a”, “an”, atau “one”. Artinya tentu saja dapat berupa “satu”, “sebuah”, “seorang” dan “sebiji”.

Sedangkan plural berarti jamak. Plural noun secara umum adalah kata benda yang merujuk pada lebih dari satu orang, tempat, atau benda. Plural noun dibuat dengan menambahkan –s, –es, atau mengubah akhir huruf pada akhir singular noun.

Plural noun sendiri juga dapat diartikan sebagai kata-kata benda atau nomina jamak, yakni yang jumlahnya lebih dari satu. Jumlah atau ukuran “satu setengah” sudah termasuk dalam nomina jamak.

Untuk jenis nomina ini, preposisinya dapat berupa two, three, four, five, dan seterusnya, atau berupa some, many, several, a lot of, dan a few. Kesemua preposisi ini hanya dapat digunakan untuk nomina jamak yang dapat dihitung (countable nouns).

Jenis kata singular dan plural noun

Singular dan plural noun memiliki beberapa jenis kata yang berbeda dalam penulisannya. Berikut ini adalah jenis-jenis kata singular dan plural pronoun, beserta contoh katanya (Singular = Plural = Artinya).

1. Terdapat beberapa kata yang memiliki bentuk yang sama untuk singular dan plural. Berikut adalah contoh katanya.

Moose = (Moose Rusa)

Sheep = Sheep (Domba)

Dice = Dice (Dadu)

2. Kata yang penulisan dan pengejaannya berbeda dalam bentuk singular dan plural atau sering disebut dengan irregular noun. Berikut adalah contoh katanya.

Foot = Feet (Kaki)

Man = Men (Laki-laki)

Mouse = Mice (Tikus)

3. Kata yang perlu ditambahkan huruf (s) saat menjadi plural/jamak. Berikut adalah contoh katanya.

House = Houses (Rumah)

Dog = Dogs (Anjing)

Ring = Rings (Cincin)

4. Kata yang perlu ditambahkan huruf (es) saat menjadi plural/jamak. Biasanya memiliki akhiran (ch, sh,x ,s ,ss). Berikut adalah contoh katanya. Berikut adalah contoh katanya.

Box = Boxes (Kotak)

Bus = Buses (Bis)

Glass = Glasses (Kaca)

5. Kata berakhir dengan huruf (o) yang perlu ditambahkan dengan (es) saat menjadi plural/jamak. Berikut adalah contoh katanya.

Potato = Potatoes (Kentang)

Hero = Heroes (Pahlawan)

Tomato = Tomatoes (Tomat)

6. Kata yang diakhiri dengan huruf (y) harus diubah menjadi (ies) dalam bentuk plural. Berikut adalah contoh katanya.

Lady = Ladies (Wanita)

Fly = Flies (Lalat)

Butterfly = Butterflies (Kupu-kupu)

7. Kata yang berakhiran dengan huruf (f) atau (fe) harus diubah menjadi (ves) dalam bentuk plural. Berikut adalah contoh katanya.

Leaf = Leaves (Daun)

Life = Lives (Kehidupan)

Wolf = Wolves (Serigala)