Brilio.net - Dalam bahasa Inggris terdapat suatu hal yang tidak boleh dilewatkan untuk dipelajari yaitu pronoun. Pronoun merupakan salah satu unsur dalam part of speech yang berfungsi sebagai kata ganti benda. Walaupun disebut kata ganti benda, namun kata yang digantikan ini dapat berupa orang, hewan, ataupun benda. Tidak hanya itu, pronoun itu penting adanya, yaitu untuk menghindari repetisi kata di dalam sebuah kalimat.

Contoh kalimat pronoun bahasa Inggris berbagai sumber

foto: pexels.com

Pengertian dan ciri-ciri pronoun.

Pronoun dalam bahasa Indonesia sering dikenal dengan sebutan kata ganti. Pronoun adalah salah satu Parts of Speech yang berguna untuk menjadikan suatu kalimat menjadi lebih ringkas atau efektif. Di dalam penulisan, apabila tidak ada pronoun, penulis akan terus mengulang-ulang nama atau kata dalam suatu kalimat. Hal itu akan membuat kalimat menjadi tidak menarik serta membuat kalimat menjadi sebuah repetisi.

Kalimat pronoun juga mempunyai ciri-ciri tersendiri, hal itu guna membedakannya dengan grammar lainnya. Dengan begitu, jika seseorang melihat kalimatnya dalam sebuah bacaan, maka orang tersebut bisa langsung memahaminya.

Ciri-ciri paling utama saat kata ganti menjadi subjek yaitu berada di awal, serta pelakunya akan mengganti susunan kalimat tersebut. Rumus yang digunakan biasanya seperti S+To be+ Noun or s +adjective.

Macam-macam jenis pronoun.

Terdapat beberapa macam pronoun yang bisa dipelajari, yakni personal, demonstrative, relative, indefinite, interrogative, possessive, pronominal adjectives, atau possessive adjective. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk bisa membentuk suatu kalimat. Supaya lebih jelas, maka yuk simak daftar pronoun dan kata ganti yang sering digunakan di bawah ini.

1. Personal Pronoun atau Subject Pronoun.

I (saya) , you (kamu), she (dia perempuan), he (dia laki-laki), they (mereka), we (kita/kami), It (dia - itu - benda - binatang)

2. Object Pronoun.

Me (saya), us (kami, kita), you (kamu, kalian), her (dia - perempuan), him (dia - laki-laki), it (dia, itu - binatang, benda), them (mereka)

3. Possessive Pronoun.

mine (milikku), ours (milik kita/kami), yours (milikmu, milik kalian), hers (milik dia (perempuan), his (milik dia (laki-laki), theirs (milik mereka)

4. Possessive Adjective atau Pronominal Adjective.

my (ku), our (kami/kita), your (mu), her (nya/dia - perempuan), his (nya/dia - laki-laki), their (mereka), its (nya - benda, binatang)

5. Reflexive pronoun, Intensive pronouns.

myself (diriku), yourself (dirimu, diri kalian), herself (dirinya (perempuan), himself (dirinya (laki-laki), itself (dirinya (benda, binatang), ourselves (diri kami), themselves (diri mereka)

6. Other types of pronoun.

This (ini), That (itu), Nobody (tidak seorangpun), Everything (segalanya), Someone (seseorang), All (semua)

Contoh kalimat pronoun bahasa Inggris berbagai sumber

foto: pexels.com

 


Magang: Agung Pradana Putra