Brilio.net - Terdapat banyak kata serapan pada bahasa Indonesia, tanpa disadari kata yang dikira bahasa Indonesia berasal dari kata asing yang diserap. Walau berasal dari bahasa Melayu, bahasa Indonesia juga banyak menyerap dari bahasa asing seperti Arab, Portugis, Belanda, Sansekerta dan Inggris. Banyak juga yang berasal dari bahasa daerah.

Walau berasal dari bahasa asing, kata serapan ini ejaan, ucapan, dan tulisannya harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kata serapan ini dibuat untuk mempermudah memahami suatu istilah, dan memperkaya kosakata, serta memberi pengetahuan lebih untuk pemakai bahasa Indonesia.

Menurut KBBI kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain berdasarkan kaidah bahasa penerima. Kata serapan dapat dikatakan sebagai kata serapan jika memenuhi kaidah-kaidah bahasa, khususnya pada bahasa Indonesia.

Menurut Hockett (1965), perubahan dan perkembangan dalam suatu bahasa adalah wajar terjadi karena adanya kontak bahasa antar pengguna bahasa yang berbeda. Komunikasi langsung antar manusia yang berlainan bahasa, bahkan berlainan budaya, menimbulkan kontak bahasa yang pada akhirnya akan saling mempengaruhi.

Setelah mengetahui pengertian kata serapan, simak juga contoh kalimat serapan, jenis serta penyebabnya yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/10).