Brilio.net - Kata empati sudah tidak asing lagi didengar, tapi banyak yang tidak mengetahui apa sebenarnya definisi dari empati itu sendiri. Empati sering disandingkan dengan simpati. Bahkan beberapa menganggap ini dua hal yang sama, sebenarnya empati dan simpati dua hal yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda.

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang lain, dan juga membayangkan diri sendiri berada di sisi orang tersebut. Empati juga memiliki peranan untuk mempererat hubungan antar manusia dengan sifat yang dimiliki ini.

Menurut Patton empati adalah menjalin sebuah relasi yang akrab, sehingga bisa memahami perasaan orang lain membutuhkan waktu dan proses. Meskipun tidak mudah, seseorang harus melakukannya demi memiliki rasa kasih dan perhatian orang yang dituju.

Tidak hanya dengan tindakan, empati juga kerap dilakukan melalui perkataan. Berikut contoh kalimat empati, ciri-ciri, serta penggunaannya yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (11/10).

Ciri- Ciri empati.

Berikut ciri-ciri empati yang perlu kamu ketahui:
1. Pandai memahami perasaan orang lain.
2. Pendengar yang baik.
3. Sering dijadikan tempat curhat orang lain.
4. Peka dengan lingkungan sekitar.
5. Sering memikirkan orang lain.