Brilio.net - Kalimat berita merupakan kalimat yang isinya memberitahukan sesuatu kepada pembaca atau pendengar. Ciri-ciri formal yang dapat membedakan kalimat berita dari macam-macam kalimat lain hanyalah intonasinya yang netral, tak ada suatu bagian yang lebih dipentingkan dari yang lain. Susunan kalimat tidak bisa dijadikan ciri-ciri karena karena susunannya hampir sama saja dengan susunan kalimat-kalimat lain.

Fungsi kalimat berita adalah memberikan informasi atau berita tentang sesuatu kepada para pembaca. Informasi yang terkandung juga harus bisa dibuktikan dan terpercaya. Oleh karena itu pentingnya memverifikasi kebenaran informasi atau berita sebelum akhirnya tersebar luas.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi kalimat berita maka simak juga contoh kalimat berita beserta jenisnya yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/10).

Jenis kalimat berita

Jenis kalimat berita terbagi menjadi 4 yaitu:

1. Kalimat berita positif

Kalimat berita ini memiliki makna informasi yang positif bagi pembaca atau pendengar dan tidak memiliki pengingkaran, sanggahan atau penyangkalan dalam kalimatnya.

2. Kalimat berita negatif

Kalimat berita yang maknanya berlawanan dengan berita positif, berita yang memuat peristiwa atau informasi negatif atau suatu pengingkaran. Biasanya pada kalimat terdapat kata bermakna negatif seperti bukan dan tidak.

3. Kalimat berita langsung

Jenis kalimat berita yang berasal dari apa yang dikatakan langsung persis seperti asli, kalimat ini memiliki intonasi yang lebih tinggi pada kalimat petikan daripada kalimat pengiringnya.

4.Kalimat tidak langsung

Kalimat ini tidak persis sama dengan yang dikatakan oleh pembicara oleh narasumber, tanpa mengubah informasinya, dan memiliki intonasi yang menurun.