Brilio.net - Mata pelajaran sejarah biasanya kamu temukan di daftar mata pelajaran kelas 10 hingga kelas 12. Pada kelas 10, mata pelajaran ini biasanya digabung dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Namun pada kelas 11 dan 12, mata pelajaran ini tergolong sebagai mata pelajaran peminatan yang bersifat tidak wajib. Meskipun begitu mata pelajaran Sejarah Indonesia juga penting kamu pelajari.

Mata pelajaran ini banyak mengandung seluk beluk Sejarah Negara Indonesia. Banyak hal yang bisa kamu pelajari di mata pelajaran ini, dari mulai masa penjajahan negara luar di Indonesia hingga perjuangan para pahlawan mendapatkan kemerdekaan negara Indonesia ini.

Banyak cara dapat kamu lakukan untuk belajar mata pelajaran ini, seperti rajin membaca buku, merangkum materi, hingga mengerjakan soal-soal latihan. Rajin mengerjakan soal-soal latihan juga cara yang cukup efektif untuk mengukur kemampuan belajar kamu dalam materi sejarah.

Berikut ini 35 contoh soal ulangan Sejarah Indonesia beserta jawabannya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/10).

 

Magang: Muhammad Reza Ariski