1. Contoh pidato bahasa Inggris tema pendidikan.

Dear, Ladies and gentlemen, Praise be to God, today we are given His grace so that we can gather on this auspicious occasion in good health and well-being.

On this occasion, I will talk about a future that depends on education. Education is indeed a process, for someone to gain knowledge.

Education is one way to achieve the goal. Is it your dream to be an Soldier? Astronaut? President? or Soldier, everything will not be achieved without sufficient education.

Let’s prepare ourselves to achieve the highest possible education in order to achieve our goals. That’s what I can say this morning, I hope this speech can be useful for all of us.

Sumber: mamikos.com

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Yang terhormat Bapak atau Ibu. Segala puji bagi Tuhan, hari ini kita diberikan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Pada kesempatan ini, saya akan berbicara tentang masa depan yang bergantung pada pendidikan. Pendidikan memang sebuah proses, bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu.

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan. Apakah impian Anda untuk menjadi seorang Prajurit? Astronaut? Presiden? atau Prajurit, semuanya tidak akan tercapai tanpa pendidikan yang memadai.

Mari kita persiapkan diri kita untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya guna mencapai cita-cita kita. Demikian yang dapat saya sampaikan pagi ini, semoga pidato ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

2. Contoh pidato bahasa Inggris tentang pendidikan.

Good morning, honorable teachers and my dear friends. Thank you for being here. It is a great honor for me to give a brief speech on the importance of education.

Education is essential for every person as it can lead us to a better future. However, we may still face the major problem concerning different standards of education in our country, Indonesia.

Education plays a vital role in providing us with knowledge. It helps us to understand rightly how the world works so we can apply it in our real life to make it easier. The true education is not only limited to lessons in classes but it is the whole knowledge that can be obtained from lessons taught by life.

Apart from that, education also transforms us into a civilized human. It helps a person to build good manners and characters, teaching us how to behave. In short, a good education can humanize human.

Sumber: coursehero.com

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Selamat pagi, guru yang terhormat dan teman-teman terkasih. Terima kasih telah berada di sini. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk memberikan pidato singkat tentang pentingnya pendidikan.

Pendidikan sangat penting bagi setiap orang karena dapat membawa kita ke masa depan yang lebih baik. Namun, kita mungkin masih menghadapi masalah besar mengenai standar pendidikan yang berbeda di negara kita, Indonesia.

Pendidikan memainkan peran penting dalam memberikan kita pengetahuan. Ini membantu kita untuk memahami dengan benar bagaimana dunia bekerja sehingga kita dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata kita untuk membuatnya lebih mudah. Pendidikan yang sebenarnya tidak hanya sebatas pelajaran di kelas tetapi merupakan seluruh pengetahuan yang dapat diperoleh dari pelajaran yang diajarkan oleh kehidupan.

Selain itu, pendidikan juga mengubah kita menjadi manusia yang beradab. Ini membantu seseorang untuk membangun perilaku dan karakter yang baik, mengajari kita bagaimana berperilaku. Singkatnya, pendidikan yang baik dapat memanusiakan manusia.

Oleh karena itu, mari menjadi orang yang berpendidikan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui norma norma dan tata krama dalam kehidupan sosial.

3. Contoh pidato bahasa Inggris untuk pendidikan.

Assalamualaikum wr wb

I thank God for giving the health and time to share a knowledge on this historic day, the day of national education.

Ladies and Gentlemen,

Indonesia is a big country, inhabited by hundreds of millionspeople includes islands spread widely. We have beenindependent since 1945, but I think Indonesia is not yetindependent in terms of education. Although we have changed curricula almost every year, but it proved that the Indonesian education has not been able to compete with the developed countries. We tend to fall behind and have not been able to print a great human resources class as developed countries.

Ladies and Gentlemen,

Education is a major key to get a better state order. Through proper and best education, we are able to print high-quality human resources, eradicate ignorance, and destroy poverty.

Therefore, let us together to be students and teachers that arediligent, sincere, and keep trying without the unyielding. We areIndonesia, a rich country that should have the best education. To not give up on the fate of our nation today, and continues to struggle in gaining an independence education.

Sumber: academia.edu

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Assalamualaikum wr wb

Saya bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan dan waktu untuk berbagi ilmu di hari yang bersejarah ini, hari pendidikan nasional.

Bapak dan Ibu,

Indonesia adalah negara yang besar, dihuni oleh ratusan juta orang termasuk pulau-pulau yang tersebar luas. Kita sudah merdeka sejak tahun 1945, tapi menurut saya Indonesia belum merdeka dari segi pendidikan. Walaupun hampir setiap tahun kami berganti kurikulum, namun hal itu membuktikan bahwa pendidikan Indonesia belum mampu bersaing dengan negara-negara maju. Kita cenderung tertinggal dan belum mampu mencetak SDM yang hebat sekelas negara maju.

Bapak dan Ibu,

Pendidikan merupakan kunci utama untuk mendapatkan tatanan negara yang lebih baik. Melalui pendidikan yang baik dan benar, kita mampu mencetak SDM yang berkualitas, memberantas kebodohan, dan mengentaskan kemiskinan.

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjadi siswa dan guru yang rajin, ikhlas, dan terus berusaha tanpa pantang menyerah. Kita adalah Indonesia, negara kaya yang seharusnya memiliki pendidikan terbaik. Jangan menyerah dengan nasib bangsa kita saat ini, dan terus berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang mandiri.