Brilio.net - Bangsa yang maju adalah bangsa yang mengutamakan pendidikan. Pendidikan adalah hak semua warga negara. Semua orang harus berpendidikan agar bangsa dapat maju. Namun terkadang, terdapat beberapa warga yang pikirannya belum terbuka. Mereka berpandangan bahwa sekolah hanya membuang-buang uang saja.

Hal yang perlu dilakukan agar warga yang berpikiran kolot seperti itu adalah dengan memberi penjelasan dan pencerahan. Pencerahannya berupa apa? Yaitu dengan melakukan pidato ke berbagai wilayah yang isi warganya berpikiran tidak terbuka, agar setidaknya mereka mengetahui bahwa pendidikan itu penting.

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik sehingga mudah diterima oleh pendengar. Umumnya, orang yang melakukan pidato akan menyampaikan gagasannya kepada orang lain atau pendengar.

Tujuan pidato juga bermacam-macam, seperti menyampaikan informasi hingga mempengaruhi penontonnya. Maka tak jarang, pidato pun menggunakan bahasa yang persuasif (mengajak dan membujuk). Saat ini, pidato juga menjadi salah satu kompetensi yang dilakukan di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.

Lalu seperti apa pidato tentang pendidikan itu? Berikut brilio.net rangkumkan dari berbagai sumber pada Senin (24/10), tiga contoh pidato bahasa Inggris tentang pendidikan yang dapat dijadikan referensi dalam belajar.

 

Magang: Ricka Milla Suatin