Brilio.net - Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh masyarakat Indonesia, selain bahasa daerah. Nggak heran jika Bahasa Indonesia dimasukkan ke dalam mata pelajaran sekolah, atau bahkan mata kuliah di perguruan tinggi. Salah satu hal yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah bentuk-bentuk kalimat dan kata. Ada berbagai macam jenis kata dalam sebuah kalimat, salah satunya kata depan.

Kata depan adalah kata yang digunakan di depan kata benda atau kata kerja untuk menunjukkan hubungan antara kata tersebut dengan kata lain dalam kalimat. Kata depan biasanya mengubah makna kata benda atau kata kerja yang diikutinya. Contohnya adalah "di" dalam "di rumah", "ke" dalam "ke toko", dan "me" dalam "merencanakan". Kata depan dapat digunakan untuk menunjukkan waktu, tempat, cara, atau alasan dari suatu aksi atau keadaan.

Fungsi kata depan ini adalah menunjukkan hubungan antara kata benda atau kata kerja dengan kata lain dalam kalimat. Kata depan dapat digunakan untuk menunjukkan:

- Waktu, seperti "pada" dalam "pada pagi hari", "sebelum" dalam "sebelum makan".

- Tempat, seperti "di" dalam "di rumah", "ke" dalam "ke toko".

- Cara, seperti "dengan" dalam "dengan hati-hati", "tanpa" dalam "tanpa keraguan".

- Alasan atau tujuan, seperti "karena" dalam "karena cuaca buruk", "untuk" dalam "untuk menyelamatkan".

- Modalitas, seperti "mungkin" dalam "mungkin dia datang", "harus" dalam "harus segera dikerjakan".

- Secara umum, Kata depan mengubah makna kata benda atau kata kerja yang diikutinya, dan dapat digunakan untuk menyatakan hubungan spasial, temporal, modalitas atau alasan dari suatu aksi atau keadaan.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari kata depan, yuk simak 25 contoh kata depan beserta jenis dan cara penerapannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/1).

(brl/pep)