Jenis-jenis kata depan.

Contoh kata depan © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Ada beberapa jenis kata depan dalam bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:

1. Kata dasar.

Kata dasar terdiri dari: dari, di, dengan, ke, oleh, pada, sejak, sampai, seperti, untuk, buat, bagi, akan, antara, demi, hingga, kecuali, tentang, seperti, serta, dan tanpa.

2. Preposisi gabungan.

Preposisi gabungan terdiri dari: kepada, daripada, oleh karena itu, antara… dengan, sejak… sampai.

3. Kata berafiks.

Kata berafiks terdiri dari: bersama, beserta, menuju, menurut, sekitar, selama, seluruh, bagaikan, terhadap, melalui, dan mengenai.

Dengan fungsi tersebut, kata depan memiliki penerapan sebagai berikut.

1. Kata depan “di, ke, dan dari,” tidak disambung tetapi dipisah dengan kata di belakangnya ketika menunjukkan arah, tempat, waktu, dan tempat. Contoh kata depan ini: “di luar, di sana, di siang hari, ke toko, ke luar, dari belakang, dari Surabaya, dan lain-lain.”

2. Aturan pisah ini dikecualikan untuk kata depan yang sudah lazim seperti “kepada, daripada, dipukul, dan lain-lain.” Begitu juga ketika kata depan bertemu imbuhan dari sebuah kata. Contoh kata depan ini: “dibeli, dibawa, dilepas, keluar, kelepas, kebawa, daripada, dan lain-lain.”

3. Ketika kata depan akan digunakan pada judul, maka penulisannya harus menggunakan huruf kecil. Contoh kata depan ini: “Ada Udang di Balik Batu; Presiden Menyampaikannya kepada Menteri; dll.”