Brilio.net - Pelajaran bahasa Indonesia menjadi salah satu pelajaran yang terlihat mudah namun butuh dicermati dengan benar. Nggak heran jika biasanya soal bahasa Indonesia begitu panjang dan membingungkan jika tidak dibaca dengan cermat. Dalam soal bahasa Indonesia pada ujian sekolah biasanya disajikan dengan sebuah kalimat cerita yang panjang.

Dalam penyusunan sebuah kalimat biasanya terdapat kata benda di dalamnya. Kata benda merupakan kata yang digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang dapat dibendakan. Berdasarkan jenisnya, kata benda dibagi dalam beberapa bagian seperti kata benda umum, kata benda khusus, kata benda konkret maupun kata benda abstrak.

Adapun contoh kata benda dalam kalimat SPOK (subjek, predikat, objek, keterangan) biasanya merupakan subjek maupun objek. Misalnya saja kata benda untuk menyatakan suatu tempat, nama barang, nama orang dan seterusnya. Adapun ciri-ciri, jenis dan contoh kata benda yakni sebagai berikut yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (23/1).

- Ciri-ciri kata benda.

kata benda dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Ciri-ciri kata benda dalam sebuah kalimat dapat dikenali dalam beberapa hal sebagai berikut:

1. Kata yang dapat diterangkan.

2. Kata yang merujuk pada suatu benda, kebendaan, ataupun segala sesuatu yang dapat dibendakan.

3. Kata yang dapat diperluas dengan menambahkan yang, kata sifat, atau kata sifat di belakang kata tersebut.

4. Ciri kata benda biasanya tidak dapat digabung dengan kata tidak secara tunggal. Sehingga terkadang diperlukan kata penghubung ataupun imbuhan untuk menyatakan sesuatu.

- Jenis-jenis kata benda.

kata benda dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Setelah mengetahui ciri-ciri kata benda, berikut jenis-jenis kata benda sesuai penggunaannya yang terbagi menjadi beberapa kategori seperti umum, khusus, konkret, dasar ataupun turunan.

1. Kata benda umum yakni jenis kata benda yang digunakan untuk merujuk pada suatu benda secara umum. Contoh dari kata benda umum tersebut seperti ibu kota, ataupun negara.

2. Kata benda khusus yakni jenis kata benda yang digunakan untuk merujuk pada suatu benda secara khusus. Ini adalah lawan dari kata benda umum dengan contohnya seperti Yogyakarta ataupun Indonesia.

3. Kata benda konkret adalah jenis kata benda yang merujuk pada suatu benda yang bisa kita rasakan dengan pancaindra. Misalnya apa yang kita lihat dengan mata sebagai pancaindra. Contoh singkatnya seperti api ataupun binatang.

4. Kata benda abstrak yakni jenis kata benda abstrak atau kata benda yang tidak dapat dilihat dengan pancaindra namun bisa dirasakan. Contohnya seperti cinta ataupun kekuatan.

5. Kata benda turunan merupakan jenis kata benda yang merujuk pada suatu benda umum yang ditambah kata imbuhan. Contohnya seperti pertanian ataupun pelukis.

6. Kata benda dasar adalah jenis kata benda yang juga dikenal dengan kata benda asli yang dapat dikenali dengan merujuk pada wujud benda tanpa adanya imbuhan. Contoh mobil ataupun rumah.