Brilio.net - Ketika sekolah, seringkali guru memberikan tugas kepada murid untuk membuat makalah hingga karya ilmiah. Ketika membuat tugas tersebut, banyak orang yang kebingungan dalam membuat kata pengantar. Padahal, kata pengantar adalah bagian yang penting dalam sebuah karya tulis dan harus ditulis secara benar.

Kata pengantar merupakan salah satu bentuk kerangka tulisan yang berisi ungkapan dari penulis tentang karangan atau karya tulis yang ia buat kepada pembaca sebelum membaca ke sisi atau inti karangan tersebut. Kata pengantar yang baik haruslah memiliki isi yang mewakili karangan tersebut. Biasanya, kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua, atau orang-orang yang berpengaruh dan membantu menyelesaikan karya tulis tersebut.

Selain ucapan terima kasih, kamu juga bisa mengungkapkan rasa syukur, memaparkan tujuan dan manfaat karya tulisan, dan meminta kritik atau saran dari hasil karya tulisnya tersebut. Jadi kamu juga memberikan gambaran isi karya tulis tersebut secara singkat dan permohonan maaf, barangkali ada bagian-bagian yang kurang berkenan pada pembaca. Karena sifatnya yang mengantarkan atau membuka karya tulis, maka kata pengantar berada di bagian depan.

Jika kamu masih bingung untuk merangkai kata pengantar, yuk simak 11 contoh kata pengantar, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (18/1).

Contoh kata pengantar untuk makalah.

Contoh kata pengantar © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga makalah dengan berjudul ‘Memaksimalkan Pengolahan Limbah Anorganik untuk Mengurangi Produksi Limbah di Masyarakat’ dapat selesai.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 2 kelas XII dari Bapak Muhammad Azis pada bidang studi biologi. Selain itu, penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang pengolahan limbah anorganik guna mengurangi produksi limbah di masyarakat.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Muhammad Azis selaku guru mata pelajaran biologi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik yang diberikan. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu penulis memohon maaf atas kesalahan dan ketaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

2. Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul "Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh".

Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah mempercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

3. Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga makalah dengan berjudul ‘Memaksimalkan Pengolahan Limbah Anorganik untuk Mengurangi Produksi Limbah di Masyarakat’ dapat selesai.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 2 kelas XII dari Bapak Muhammad Abdullah pada bidang studi biologi. Selain itu, penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang pengolahan limbah anorganik guna mengurangi produksi limbah di masyarakat.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Muhammad Azis selaku guru mata pelajaran biologi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik yang diberikan. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu penulis memohon maaf atas kesalahan dan ketaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

4. Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan makalah tentang "Pendidikan Kewarganegaraan bagi Masyarakat". Makalah ini ditulis untuk memenuhi syarat nilai mata kuliah pendidikan kewarganegaraan.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulis selama proses penyelesaian tugas akhir ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Dyah Palupi S.E., M.M. selaku dosen pembimbing atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. Bapak Eko Santoso selaku narasumber dari penulisan tugas akhir penulis.

Pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat. Pendidikan kewarganegaraan memiliki peran yang signifikan dalam membangun masyarakat yang cinta tanah air. Makalah ini berisi paparan peran secara keseluruhan pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

5. Rasa syukur senantiasa kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman serta kesehatan, sehingga penulis diberi waktu dalam menyelesaikan karya tulis dengan judul “Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja”.

Tidak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini penulis sampaikan kepada:

1. Bapak Drs. Achmad Fauzan M.B.A., Ph.D. selaku dosen yang mempercayakan penulisan topik karya tulis tersebut.

2. Bapak Titis Handoko B.Eng selaku narasumber pada karya tulis tersebut.

3. Tidak lupa, kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doa yang tidak henti-hentinya kepada penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini.

4. Rekan kerja yang membantu terlaksananya penelitian dari karya tulis ini.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan juga masih banyak kesalahan yang penulis yakini ada di luar batas kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima kritik serta saran dari para pembaca.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

6. Tiada kalimat yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Dampak Pemanasan Global Terhadap Ekosistem”. Tidak lupa pula dukungan baik secara materil dan nonmateril yang diberikan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, izinkan penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada:

Bapak Fahri Abdillah, S.I.Kom., M.Pd., selaku kepala sekolah blog Ruangguru yang memberikan arahan dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas laboratorium.

Ibu Hani Ammariah, S.Si., M.Pd, selaku guru pembimbing IPA Terapan yang memberikan dukungan dan saran kepada penulis.

Ibu Shabrina Alfari, S.Hum., M.Pd selaku wali kelas penulis yang selalu memberikan motivasi dalam penyusunan makalah ini.

Penulis sadar bahwa makalah yang disusun ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, dengan rendah hati penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

Contoh kata pengantar untuk karya ilmiah.

Contoh kata pengantar © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah tentang "Dampak Penggunaan Gawai pada Anak Usia di Bawah Umur".

Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan karya ilmiah ini. Tentunya, tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan, baik dari penyusunan maupun tata bahasa penyampaian dalam karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini.

Kami berharap semoga karya ilmiah yang kami susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

2. Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan YME atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul "Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca".

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Aidin Arham yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Efek Rumah Kaca' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Fenomena ini merupakan sebuah fenomena yang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia karena dampaknya yang luar biasa.

Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

3. Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul "Pentingnya Memberikan MPASI Pada si Buah Hati"

Tidak lupa penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Bagus selaku dosen untuk mata kuliah ilmu kesehatan yang telah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan masukan dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan panduan praktis dalam mengatur pola makan serta makanan serta Makanan Pendampin ASI (MPASI). Bagi para orang tua yang memiliki bayi, sebaiknya makanan pendamping ASI ini sangat perlu untuk diperhatikan.

Penulis menyadari ada kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, saran dan kritik senantiasa diharapkan demi perbaikan karya ilmiah ini. Penulis juga berharap agar karya ilmiah ini dapat memberikan pengetahuan tentang MPASI kepada orang tua.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

4. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis menyusun proposal penelitian yang berjudul "Analisis Kerawanan Banjir sebagai Upaya Pengelolaan Bencana di Kecamatan Waru, Sidoarjo."

Penulisan proposal penelitian ini diajukan guna pembaruan informasi daerah rawan bencana banjir di Kecamatan waru, Sidoarjo. Informasi yang terbarui diharapkan mampu menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir korban jiwa dan harta di daerah penelitian.

Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan proposal di masa mendatang.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis

 

5. Puji syukur senantiasa kami haturkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat serta Karunia-Nya sehingga proposal penelitian 'Interpretasi Penggunaan Simbol dalam Puisi Hujan Bulan Juni' oleh Sapardi Djoko Damon bisa tuntas.

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menginterpretasikan berbagai simbol yang digunakan dalam puisi Sapardi Djoko Damono yang berjudul 'Hujan Bulan Juni'. Hal ini patut dipelajari, sebab setiap simbol yang digunakan dalam sebuah karya sastra pasti memiliki interpretasi berbeda.

Proposal penelitian ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari dosen pembimbing untuk mata kuliah penyusunan skripsi, Bapak Rahmat Kurniawan, M.A. Atas bantuan beliau penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian ini dengan baik.

Penulis sadar bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam tulisan dan proses penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis memohon maaf sebesar-besarnya. Penulis juga selalu mengharapkan kritik serta saran untuk pengembangan hasil tulisan penulis ke depannya.

Yogyakarta, 18 Januari 2023

Penulis