Brilio.net - Outline adalah rencana penulisan yang memuat garis besar suatu karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Outline juga dapat dimaknai sebagai sistem formal yang digunakan untuk mengembangkan kerangka kerja berpikir mengenai apa isi tulisan yang seharusnya diorganisasikan dan dievaluasi.

Outline juga dapat membantu memprediksi keseluruhan struktur dan alur tulisan. terdapat dua pendekatan umum yang dapat diambil saat menulis outline yaitu outline dari frasa pendek dan outline yang disusun dalam kalimat penuh. Outline akan memberikan gambaran umum dari semua poin yang telah dikumpulkan untuk karya tulis akademis.

Untuk memahami lebih rinci mengenai outline, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (19/8).

Pengertian outline

definisi dan manfaat outline © berbagai sumber

foto: Unsplash/Kaleidico

Outline merupakan bagian dari rencana penulisan yang biasanya berisi garis besar penulisan artikel atau hasil penelitian dalam bentuk poin-poin. Outline sendiri bergantung dengan bahan dan tujuan penulisan. Outline juga dapat dipahami sebagai kerangka untuk menggambarkan penelitian yang akan dilakukan.

Selain itu, outline juga dapat disebut dengan proposal. Outline biasanya digunakan di dalam lingkup akademik, terutama pada mahasiswa tingkat akhir yang menjalani penelitian skripsi. Outline dapat memudahkan dosen pembimbing dalam memberikan arahan terkait penelitian karena garis besar penelitian telah tersusun di dalam outline.